Kata Pakar Mikroekspresi, Memang Benar Ridwan Kamil Sebut Nasdem Punya Kejaksaan

Ridwan Kamil (Foto: Riana Setiawan)

Ridwan Kamil (Foto: Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Walikota Bandung Ridwan Kamil mengakui menerima pinangan Partai Nasdem menjadi cagub Jawa Barat karena ingin menyelamatkan pembangunan kota Bandung.

Pengakuan itu disampaikan dalam pertemuan dengan Komunitas Pesantren se-Jawa Barat pada Minggu, 23 April 2017 lalu, yang videonya beredar di media sosial. (BACA: Ridwan Kamil: Ini Rahasia, Kalau Saya Tolak Nasdem, Orang Tak Salah Bisa Tersangka)

Dalam video itu, Ridwan Kamil berbicara dalam sebuah forum. Latar forum itu tampak spanduk bertuliskan “Komunitas Pesantren se-Jawa Barat Mendukung Ridwan Kamil Menjadi Bakal Calon Gubernur Jawa Barat”.

Video tersebut sampai sekarang masih beredar di media sosial. Di YouTube, misalnya, bisa dicari dengan kata kunci: Pengakuan Mengejutkan Ridwan Kamil. Dari salah satu akun pengunggah bernama Yogi Pratama, video itu sudah dilihat lebih dari 94 ribu kali hingga saat ini.

BACA: Ini Nih Kata Ridwan Kamil setelah Curhat Nasdem Punya Kejaksaan

Pakar mikroekspresi Mardigu menyatakan, yang disampaikan dalam video tersebut benar pernyataan Ridwan Kamil. Maksudnya, tidak ada proses memasukkan audio orang lain untuk seolah-olah diucapkan Ridwan Kamil. “Benar (Ridwan Kamil),” tegas kepada Jawa Pos.

Cara paling mudah untuk menentukan video dan audio itu palsu atau tidak ialah memperhatikan gerak bibir. Itu dipermudah dengan suara yang secara khas menjadi milik Ridwan Kamil.

“Suara dan gerakan bibirnya cocok,” tegas Mardigu. Selain itu, visual yang ada cocok dengan adanya kegiatan di salah satu ponpes di Kabupaten Subang.

(imn/ca/jpg/pojokbandung)

loading...

Feeds

Tegangnya Palagan Ambarawa di Cimahi

Pertumpahan darah pun tersaji setelah para sekutu menyerang dalam perang Palagan Ambarawa. Para pejuang maupun sekutu banyak yang tewas tergeletak …