Jeruji, Punk Bandung Tur di 20 Kota Eropa, Nyetir Sendiri Pakai Van

Jeruji saat tampil di sebuah bar di Praha, Republik Ceko, dalam tur mereka di Eropa. Mereka mendapat sambutan meriah dari para penggemar musik hardcore punk. (Jeruji for Jawa Pos)

Jeruji saat tampil di sebuah bar di Praha, Republik Ceko, dalam tur mereka di Eropa. Mereka mendapat sambutan meriah dari para penggemar musik hardcore punk. (Jeruji for Jawa Pos)

 

POJOKBANDUNG.com – Jeruji, band punk asal Bandung, baru saja menyelesaikan tur Eropa pada 7 April–1 Mei lalu. Tur mereka jauh dari kemewahan. Ke mana-mana pakai mobil van.

Berbekal koper berisi keperluan seadanya, Ginan (vokal), Andre (gitar), Icad (gitar), Pengex (bas), Sani (drum), dan Vincent (manajer) terbang ke Benua Biru untuk menjalani tur Eropa.

Mereka tur di 20 kota di 7 negara selama 25 hari. Tujuh negara tersebut adalah Prancis, Belgia, Hungaria, Republik Ceko, Austria, Jerman, dan Polandia.

Kota-kota yang mereka singgahi dalam tur itu, antara lain, Paris, Mons, Nantes, Budapest, Esztergom, Veszprem, Ostrava, Brno, Chojonice, Gdynia, Karlovy Vary, Jirkov, Dresden, Prague, Vienna, Plzen, Liberec, Leper, dan Bailleul.

Perjalanan berkeliling Eropa dalam 25 hari itu bukanlah perjalanan singkat. Terlebih karena mereka menjalani tur Eropa dengan road trip. Untuk transportasi keliling Eropa, mereka tidak menggunakan pesawat, kereta, atau bus, tetapi cukup van sewaan.

Kendaraan yang mereka sewa pun termasuk van yang paling murah. Harga sewanya EUR 60 atau sekitar Rp 875 ribu per hari. Mereka mendapatkannya di Slovakia.

Setidaknya, mereka melakukan perjalanan sejauh 8.900 kilometer untuk konser dari satu kota ke kota lain. Dari satu negara ke negara lain. Karena itu, mereka harus melakukan persiapan jauh-jauh hari sebelum terbang ke Eropa agar tur bisa berjalan lancar.

Memang, kata Ginan, mereka sempat browsing mengenai lokasi-lokasi manggung. Namun belum detail.

’’Kami tahu akan berangkat itu 12 jam sebelum terbang. Ah, sudah enggak tahu itu mau ngapain. Packing saja asal yang terlihat. Enggak mikirin yang lain,’’ kata Ginan kepada Jawa Pos saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta, Senin (16/5/2017).

loading...

Feeds

Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …