Jelang Pilkada KBB, Abubakar-Yayat T Soemitra Gak Mesra Lagi

Bupati/Wakil Bupati KBB, Abubakar-Yayat T. Soemitra (ist).

Bupati/Wakil Bupati KBB, Abubakar-Yayat T. Soemitra (ist).

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pilkada Kab Bandung Barat (KBB) baru akan dihelat tahun depan. Namun, aroma persaingan mulai terasa. Bahkan, Bupati Abubakar dan Wakilnya Yayat T Soemitra, disinyalir sudah tak akur lagi.

Ketidaharmonisan antar pucuk pimpinan di KBB itu terkuak dalam apel Senin (15/5) di Pemda KBB.

Tepatnya, saat Wabup menggantikan peran Abubakar yang berhalangan hadir sebagai pemberi amanat dalam apel, Senin (15/5) di Pemda KBB. (BACA: Sambutan Wabup KBB Yayat T Soemitra Bikin Geger, Apa yang Salah?)

Direktur Pusat Kajian Politik Ekonomi dan Pembangunan (Puskapol Ekbang) KBB Holid Nurjamil pun langsung menganggap tengah ada perseteruan yang terjadi antara bupati dan wakilnya saat ini.

Ia mengaku miris saat mendengar kabar tersebut, yang juga sudah menjadi buah bibir di tengah masyarakat KBB saat ini.

“Persaingan di internal partai jangan dibawa ke birokrasi. Ini sangat tidak baik. Apa yang terjadi dalam birokrasi keprotokoleran telah memperlihatkan ketidakharmonisan antara keduanya,” ungkapnya.

Ia mengaku mendapat kabar seputar adanya pelanggaran keprotokoleran yang seolah meniadakan Wabup. Padahal, perkara kepala daerah adalah satu paket, baik bupati maupun wakilnya.

Holid menjelaskan, sejumlah undang-undang menyebutkan aturan pejabat negara. Jangankan pejabat level bawah  memberikan sambutan, kata dia, tempat duduknya saja tidak boleh diisi orang lain.

“Apalagi ini memberikan sambutan atas nama bupati, sementara disana ada wakil bupati. Setelah wakil memberikan sambutan tidak ada lagi sambutan lain. Ini telah melanggar undang-undang. Mencoreng birokrasi di KBB,” tegasnya.

loading...

Feeds