WannaCry, Pemprov Jabar Amankan Data Penting dan Matikan Jaringan Wifi

Kantor pemerintahan Provinsi Jawa Barat

Kantor pemerintahan Provinsi Jawa Barat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat melakukan salinan sejumlah data penting sebagai bentuk antisipasi serangan malicious software atau malware bernama WannaCry.

Bahkan, untuk menangkal virus yang disebut-sebut sudah menyerang 130 ribu komputer di 70 negara itu, Pemprov Jabar melalui Sekretaris Daerah, Iwa Karniwa mengeluarkan surat edaran (SE) antisipasi ke seluruh dinas di lingkungan Pemprov Jabar.

BACA: Kemenkominfo Sarankan Perkantoran Besok Cegah Serangan Virus WannaCry, Ini Caranya

Ia mengatakan, surat edaran tersebut sebagai bentuk antisipasi seiring imbauan Menkominfo kepada seluruh pihak terkait serangan virus yang disebut menyerang perangkat komputer personal (PC) itu.

“Pengamanan sistem dan arsip sedang dan tengah dilakukan untuk menangkal serangan virus. mohon diamankan dan melakukan back-up data-data penting,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (15/5).

BACA: Gawat! Virus Wanna Cry Tergolong Teroris Siber, Sudah Serang 130 Ribu Komputer di 70 Negara

Data-data yang disalin Pemprov tersebut, mencakup data yang berada di Setda, dinas hingga balai untuk diamankan penyimpanananya.

Iwa juga meminta seluruh dinas menjalankan anjuran Menkominfo seperti mematikan wifi, agar saat dinyalakan virus tak menyerang penyimpanan data.

Selain itu, penggunaan aplikasi di komputer diharuskan menggunakan software asli bukan bajakan. “Mohon dicek aplikasi yang dipakai kalau original tidak akan diserang,” paparnya.

Disinggung soal pelayanan masyarakat, Iwa memastikan seluruh kebutuhan pelayanan tetap terjaga. “Untuk Dispenda pelayanan tetap dilakukan, ada perangkat yang kita siapkan, jadi pelayanan tidak terganggu,” pungkasnya.

(bbb)

loading...

Feeds