Kapan Gaji ke-13 PNS Cair? Ini Jawaban dari Sri Mulyani

PNS. Foto: ilustrasi

PNS. Foto: ilustrasi

POJOKBANDUNG.com- KAPAN gaji ke-13 PNS  cair? Teka-teki itu akhirnya terjawab. Gaji ke-13 akan dicairkan Juli. Sedangkan gaji ke-14 atau Tunjangan Hari Raya (THR) paling lambar seminggu sebelum Lebaran Idul Fitri.

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan, gaji ke-13 dan gaji ke-14 akan dicairkan sesuai dengan aturan pemerintah. Namun dirinya belum memberikan kepastian tanggal pencairannya.

BACA JUGA:

Enaknya… Sekarang Cuti Tahunan PNS dan CPNS Bisa Dirapel

Asyiknya, Pegawai Non-PNS Juga Dapat Tunjangan Kinerja dan Pensiun

“THR dan yang lain tentu dibayarkan sesuai dengan policy pemerintah. Tanggalnya nanti akan kami sampaikan,” ucap Sri Mulyani di Jakarta.

Sementara Dirjen Anggaran Kemenkeu Askolani menyebutkan, gaji ke-13 PNS dan THR atau gaji ke-14 dibayarkan pada dua waktu yang berbeda. Untuk THR akan diberikan sekitar seminggu sebelum lebaran.

“Kemungkinan beda (pencairan gaji ke-14 dan gaji ke-13), nanti timetable lebaran, lebaran kan maju, Juni, ya seminggu sebelum lebaran lah kalau THR,” ujar Askolani di Gedung Kemenkeu.

Askolani menguraikan, untuk pencairan gaji ke-13, akan dilakukan sekitar awal Juli atau akhir Juni. Gaji tambahan tersebut merupakan dana untuk keperluan anak sekolah PNS.

Askolani menuturkan, hingga saat ini pihaknya sedang menunggu Peraturan Pemerintah (PP) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB). Dia juga mengatakan kemungkinan belum ada perubahan struktur dari gaji ke-13.

“Belum sampai ke sana, intinya kalau ada struktur yang baru gaji ada tiga. Yakni gapok (gaji pokok), tunjangan kinerja, satunya lagi tunjangan kemahalan, “jelasnya.

loading...

Feeds