Bahaya, Virus WannaCry Sudah Serang Indonesia, Lakukan Ini

Ilustrsai (ist)

Ilustrsai (ist)

POJOKBANDUNG.com- SERANGAN ransome Wannacry menghebohkan dunia. Sejak Jumat (12/5) diperkirakan 99 negara sudah terkena dampak serangan ransomware ganas ini, termasuk Indonesia.

Serangan ransomware diketahui setelah beberapa rumah sakit terkemuka mengalami kendala teknis dalam sistem antreannya. Pakar keamanan cyber Pratama Persadha menjelaskan bahwa ransomware sebenarnya sangat banyak jenisnya dan sudah sejak lama menyerang sistem operasi, terutama sistem operasi Windows.

“Yang membuat ransomware Wannacry menjadi “booming” adalah karena ransomware ini menyerang menggunakan zero day exploit, yang belum pernah diketahui sebelumnya.

Artinya, saat pertama kali ransomware ini menyerang, sebenarnya Microsoft yang ter-update pun akan tetap terkena, karena Microsoft sendiri belum mengetahui adanya celah keamanan ini sampai dengan celah itu di publikasikan,” kata dia dalam keterangan persnya, Minggu (14/5).

Dengan demikian, akan ada jeda waktu antara saat ransomware menyerang dengan waktu saat Microsoft mengetahui vulnerability ini dan melakukan patching terhadapnya. Eksploit yang digunakan sendiri dibocorkan oleh grup hacker “Shadow Broker”.

Shadow broker pertama kali merilis “Equation Group Cyber Weapons Auction – Invitation” pada Agustus 2016 yang berisikan tools yang diduga digunakan oleh NSA. Kelompok ini pada 14 April 2014 merilis kembali Fifth Leak: “Lost in Translation” yang salah satunya berisikan eksploit yang digunakan oleh Wannacry untuk menginfeksi korban.

“Tindakan preventif yang bisa dilakukan adalah selalu melakukan update serta backup data, merupakan hal yang wajib dilakukan agar terhindar dari malware, baik ransomware, virus, ataupun trojan. Update baik dari segi aplikasi, anti virus, dan OS yang digunakan,” jelas chairman lembaga riset keamanan cyber CISSReC (Communication and Information System Security Research Center) ini.

loading...

Feeds

Ignis memimpin penjualan city car. (Muhammad Ali/Jawa Pos)

Ignis Rajai Penjualan City Car

POJOKBANDUNG.com- PENDATANG anyar Suzuki Ignis membuat debut yang meyakinkan. Pada periode Juni, Ignis mengudeta Honda Brio sebagai pemuncak penjualan di …