Ini Titik Rawan Macet yang Jadi Perhatian Pemprov Jabar Jelang Mudik 2017

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mendorong pemerintah pusat memantapkan jalan alternatif Pantura yang menghubungkan provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur.

Tujuannya, untuk mengantisipasi jalur tol yang bisa mengalami kepadatan. Selain itu, dengan mantapnya jalur alternatif secara tidak langsung memudahkan jalur distribusi bahan makanan atau kebutuhan pokok.

BACA: Ini Skenario Polisi Urai Kemacetan di Padalarang Saat Arus Mudik

Deddy menilai bisa saja kenaikan harga bahan pokok saat Puasa atau menjelang Lebaran terjadi akibat ongkos kirim yang semakin tinggi akibat hambatan lalu lintas.

“Barang terhambat juga, bisa jadi harga barang jadi naik karena lama ongkosnya makin tinggi karena jalannya rusak, jadi jangan mengandalkan operasi pasar saja, karena ini urusannya transportasi,” ujar Deddy.

Semestinya, kata dia, setiap tahunnya kalaupun ada jalan yang harus diperbaiki, harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum musim mudik lebaran terjadi, sehingga tidak akan menghambat arus lalu lintas.

BACA: Pemerintah Berlakukan Sistem Ganjil Genap di Musim Mudik Lebaran

Ia pun mendesak pemerintah pusat segera melakukan perbaikan di sejumlah titik jalan di Pantura yang terjadi kerusakan.

“Pantura banyak komplain, karena Pantura itu bukan hanya Jabar, tapi sampai Jawa Timur. apalagi di Jabar karena mengandalkan jalan tol, jadi seakan-akan Pantura terabaikan,” terangnya.

Sebelumnya, Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa mengatakan permintaan tersebut merupakan salah satu poin rapat koordinasi teknis persiapan transportasi mudik lebaran 2017 yang dipimpin Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman RI Luhut Panjaitan dan Menteri Perhubungan Budi Karya di Jakarta, belum lama ini.

“Salah satu kesimpulan rapat Pak Menko meminta semua pihak harus meningkatkan koordinasi dan berkinerja untuk menurunkan tingkat kemacetan dan kecelakaan serta peningkatan pelayanan pada masyarakat,” paparnya.

Menurutnya Jawa Barat sebagai pusat dan tujuan lintasan mudik saat ini bersama Polda Jabar dan pihak terkait sudah mengidentifikasi dan memecahkan sejumlah persoalan di lapangan terkait mudik.

loading...

Feeds