Bahaya Menggunakan Botol Air Mineral Secara Berulang-ulang

POJOKBANDUNG.com- HAMPIR semua orang punya kebiasaan membawa sebotol air putih untuk diletakan di samping tempat tidur, sekedar berjaga-jaga jika terbangun di malam hari.

Ada juga yang berulang-ulang kali memakai botol air mineral sebagai wadah penyimpanan air untuk dibawa kemana-mana dengan alasan hemat dan tidak perlu mengeluarkan uang hanya untuk sekedar melepas dahaga.

BACA: Wow, Ilmuwan Ungkap Ulat Ini Bisa Mengurai Limbah Plastik

Jika kebanyakan orang menganggapnya sebagai kebiasaan yang wajar, namun ternyata tidak pada kenyataannya.

Menurut Dr. Kellogg Scwhwab dari John Hopkins University di AS, air putih yang kita biarkan berlama-lama di dalam botol plastik bekas pakai itu dapat berubah menjadi ancaman terhadap kesehatan tubuh.

Dr. Schwab menjelaskan bahwa botol plastik air mineral sangat dengan mudah mendorong pertumbuhan bakteri dan mikroorganisme.

Hanya membutuhkan waktu sekejap bagi mahluk tak kasat mata ini untuk berkembang biak dan mengkontaminasi botol minuman Anda.

Masalah ini, katanya, akan bertambah buruk ketika didukung oleh suhu ruangan yang tinggi, karena wadah botol plastik umumnya mengandung zat berbahaya bernama Bisphenol A atau BPA, yang keluar saat terjadi peningkatan suhu.

Itu artinya, tidak hanya menelan air berisikan bakter dan mikroorganisme berbahaya, namun Anda juga sekaligus mengkonsumi BPA yang dapat membahayakan kesehatan.

Sebab itu, jangan pernah menggunakan wadah botol plastik lebih dari satu kali, karena botol-botol ini tidak pernah di desain untuk digunakan berulang-ulang.

(ruf/fjr/pojokbandung)

 

loading...

Feeds

Tegangnya Palagan Ambarawa di Cimahi

Pertumpahan darah pun tersaji setelah para sekutu menyerang dalam perang Palagan Ambarawa. Para pejuang maupun sekutu banyak yang tewas tergeletak …