Polusi Cahaya Parah Ganggu Observatorium Bosscha

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG- Direktur Pusat Observatorium Bosscha Lembang, Mahasena Putra mengatakan, tingkat kemampuan pengamatan teropong bintang di Bosscha jauh mengalami penurunan. Hal itu dilihat berdasarkan kemampuan teropong saat menangkap jumlah bintang di angkasa.

Jika dipresentasikan, kemampuannya saat ini menurun hanya tinggal 30 sampai 40 persen. Selain dari pengaruh cuaca, hal itu utamanya disebabkan karena terlalu banyaknya polusi cahaya yang berasal dari pijaran lampu-lampu yang terbuka.

“Polusi cahaya salah satunya karena banyaknya pijaran lampu yang terbuka. Banyaknya bangunan gedung juga secara otomatis menambah banyaknya pijaran lampu terbuka,” ujar Sena.

Kendati kondisinya demikian, dikatakan Sena, namun peneropongan bintang di Observatorium Bosscha Lembang masih bisa digunakan untuk kegiatan pengamatan bintang-bintang di angkasa.

Sementara untuk tingkat akurasi pengamatannya sendiri, hal itu tergantung dari kondisi cuaca. Jika kondisi awan  terus berpotensi akan mendatangkan hujan maka pengamatan pun tidak bisa dilakukan.

“Biasanya bagaimana tahun, kalau dari setahun biasanya kan 50 hari ada cerahnya, tapi kalau sekarang Mei saja masih hujan, beda dengan pada saat tahun 2015 saat terjadi fenomena el nino, saat itu banyak cerahnya jadi pengamatan pun bisa dilakukan,” terangnya. (bie)

 

loading...

Feeds

PAUL POGBA

Paul Pogba Sambut Ramadan di Tanah Suci

POJOKBANDUNG.com- BINTANG Manchester United, tampaknya ingin merayakan bulan Ramadan tahun ini dengan lebih khidmat. Sebab, ia memulai puasa pertamanya dengan …