Petisi Pro dan Kontra Ahok, Ratusan Ribu Orang Bersuara

Ahok (ist)

Ahok (ist)

POJOKBANDUNG.com- Pro dan kontra kontra vonis 2 tahun penjara yang dijatuhkan Hakim PN Jakarta Utara terhadap Gubernur Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) terus bergulir.

Tak cuma di lapangan tapi juga ramai di dunia maya. Associate Campaigner Change.org Indonesia Dhenok Pratiwi mengatakan, persis sebelum dan sesudah putusan dibacakan, muncul beberapa petisi online di Change.org, baik yang mendukung maupun yang menentang hukuman untuk Ahok.

BACA: Vonis Ahok Mendunia, Parlemen Belanda Minta Bebaskan Ahok

“Ada dua petisi yang muncul setelah pembacaan putusan Majelis Hakim yang meminta penangguhan penahanan Ahok. Petisi di antaranya Tangguhkan Penahanan Basuki Tjahaja Purnama – yang didukung 9.659 orang. Sementara petisi Tangguhkan Penahanan Ahok – yang didukung 27.818 orang,” katanya melalui siaran persnya.

Ia menambahkan, sekitar seminggu lalu, sekelompok alumni Universitas Harvard memulai petisi yang berjudul “Ahok Tidak Menista Agama” yang sudah didukung 77 ribu orang (per 11 Mei pukul 10.00).

BACA: Ramai di FB, Ridwan Kamil Sedih dan Kecewa Ahok Dipenjara, Fakta atau Hoax?

Dalam petisinya, mereka menyatakan, “Dalam konteks kalimat “dibohongi pakai surat Al-Maidah 51” saksi ahli dalam persidangan telah menyatakan bahwa Ahok merujuk kepada oknum politik yang menggunakan ayat tersebut untuk menjegal lawannya dalam suatu persaingan elektoral, dan bukan merujuk kepada umat Islam. Dengan demikian kami tidak melihat bahwa unsur-unsur tindak pidana dalam pasal 156 KUHP dalam hal ini terpenuhi.”

Sementara itu muncul petisi tandingan yang dimulai Ahmad Akhyar lima hari lalu yang berjudul “Penjarakan Ahok Tanpa Masa Percobaan” hingga kini sudah didukung 49 ribu orang.

“Petisi ini berisi tuntutan agar Ahok dinyatakan bersalah atas dakwaan sesuai pasal 156a dan 156 KUHP, serta dihukum pidana tanpa masa percobaan,” kata Ahmad dalam petisinya.

loading...

Feeds

PAUL POGBA

Paul Pogba Sambut Ramadan di Tanah Suci

POJOKBANDUNG.com- BINTANG Manchester United, tampaknya ingin merayakan bulan Ramadan tahun ini dengan lebih khidmat. Sebab, ia memulai puasa pertamanya dengan …