Kemampuan Teropong Bintang Bosscha Berkurang

POJOKBANDUNG.com, LEMBANG – Pusat Observatorium Bosscha di Jalan Peneropongan Bintang, Desa Gudang Kahuripan, Lembang Kab Bandung Barat (KBB) menjadi salah satu lokasi yang kerap dikunjungi para pengamat Hilal saat akan menentukan awal masuknya Ramadan, tak terkecuali untuk 1 Ramadan 1438 Hijriyah/ Mei 2017.

BACA: Baru Kali Pertama Bosscha Diserbu Ribuan Pemburu Gerhana Matahari

Seiring berubahnya kondisi lingkungan di sekitaran Bosscha saat ini, tingkat kemampuan peneropongan bintang itu ternyata mengalami penurunan atau jika dipresentasikan hanya tinggal 30-40 persen saja kemampuannya yang mempengaruhi akurasi.

Direktur Pusat Observatorium Bosscha Lembang, Mahasena Putra mengatakan, para pengamat hilal dari berbagai daerah di Jawa Barat biasanya selalu ada yang datang ke Observatorium Bosscha Lembang untuk menentukan jatuhnya awal 1 Ramadan. Para pengamat yang datang biasanya akan mengunjungi boscha di akhir-akhir bulan Sya`ban menurut kalender Islam.

“Kalau tahun lalu dari tim hisab atau rukyat dari berbagai daerah di Jawa Barat seperti Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Subang dan daerah lainnya kurang lebih ada sekitar 50 sampai 100 orang yang melakukan pengamatan di Boscha,” kata Mahasena saat dihubungi, Kamis (11/5).

Sena mengatakan,  saat ini untuk tingkat kemampuan pengamatan teropong bintang di Boscha jauh mengalami penurunan. Hal itu dilihat berdasarkan kemampuan teropong pada saat menangkap jumlah bintang di angkasa.

(bie)

loading...

Feeds