Dewan HAM PBB Kecam Vonis 2 Tahun Penjara untuk Ahok

POJOKBANDUNG.com- Terdakwa kasus penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dihukum dua tahun penjara saat pembacaan vonis pada sidang yang digelar, Selasa (9/5).

Kini, Ahok ditahan di Markas Korps Brimob Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Gubernur DKI Jakarta nonaktif itu menjadi tahanan Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

Beragam reaksi atas putusan yang diterima Ahok. Tak hanya menyita perhatian dalam negeri tapi juga dunia.

BACA JUGA:

Pesan Ahok kepada Sang Istri sebelum Dipindah ke Mako Brimob Bikin Meleleh

Lihat Nih, Fans Berat Ahok di Belanda Kasih Pembelaan Pasca Vonis 2 Tahun

Dewan Hak Asasi Manusia PBB OHCHR untuk Asia, prihatin dengan vonis penjara dua tahun yang dijatuhkan terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Lewat akun Twitter resminya, UN Human Rights Asia @OHCHRAsia, menyatakan, “Kita prihatin atas hukuman penjara gubernur #Jakarta krna penistaan agama #Islam. Kita panggil #Indonesia utk mengulas hukum penistaan agama”.

Seperti yang diketahui, UN Human Rights Asia yang berkantor di Bangkok, Thailand ini adalah badan regional PBB yang banyak memantau dan mengkritisi kasus-kasus pelanggaran HAM dan demokrasi khusus di wilayah Asia.

Dewan HAM PBB menyerukan kepada Indonesia untuk mengkaji ulang pasal penistaan agama yang ada dalam UU Hukum Pidana. Sejumlah organisasi internasional sudah menyampaikan prihatin yang mendalam atas kondisi HAM di Indonesia pasca-vonis dua tahun penjara terhadap Ahok, diantaranya Amnesti Internasional, Delegasi Uni Eropa (UE) untuk Indonesia, dan ASEAN Parliamentarians for Human Rights (APHR).

Tak hanya itu, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik juga sangat menyayangkan bahwa Ahok harus mendekam di bui selama dua tahun.

“Saya kenal @basuki_btp. Mengagumi kerjanya untuk Jakarta. Percaya dia tidak anti-Islam. Doa saya untuk Bu Vero (Veronica Tan, istri Ahok) dan keluarga. Para pemimpin harus menjaga toleransi dan kerukunan,” kata Moazzam dalam akun Twitter-nya @MoazzamTMalik.

loading...

Feeds

PAUL POGBA

Paul Pogba Sambut Ramadan di Tanah Suci

POJOKBANDUNG.com- BINTANG Manchester United, tampaknya ingin merayakan bulan Ramadan tahun ini dengan lebih khidmat. Sebab, ia memulai puasa pertamanya dengan …