Padalarang Diserang Kemacetan Parah, Pemkab Bandung Barat Bangun Jalan Lingkar

kondisi arus lalulintas di Padalarang. (asep rahmat)

kondisi arus lalulintas di Padalarang. (asep rahmat)

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Pemkab Bandung Barat berencana akan membuat jalan baru guna mengatasi kemacetan yang selalu terjadi di jalan Raya Padalarang.

Bupati Bandung Barat Abubakar mengatakan, rencana tersebut akan diawali dengan membuat Studi Kelayakan (feasibility study) tahun ini.

BACA: Waduh, Pejabat SOTK Baru KBB Langsung Tagih Mobil Dinas

Ia menganggap, Jalan lingkar Padalarang akan mengurangi kemacetan yang kerap menjadi persoalan di wilayah Padalarang. Terutama kemacetan terjadi di kawasan Pertigaan Tagog Jalan Raya Padalarang.

“Nanti secara teknis Binas Marga yang akan membuat studi kelayakan,” jelas Abubakar. Jalan Lingkar Padalarang ini rencananya akan dibangun mulai dari arah jalan Kota Baru Parahyangan hingga tembus ke Jalan Raya Cipatat.

BACA: Kemiskinan Meningkat? Jumlah Penerima Rastra 2017 di KBB Naik

Sedangkan, untuk studi kelayakan sebetulnya pernah dilakukan untuk jalan lingkar di kawasan dekat gerbang tol Cikamuning, namun hasil studi kelayakan menunjukan tidak adanya sambungan untuk jalan di sana.

“Setelah studi kelayakan itu beres, baru dapat kita lihat variabel-variabel mana yang layak untuk dibangun,” ujarnya.

Abubakar menuturkan, status jalan pada studi kelayakan dulu merupakan kewenangan pemerintah pusat. Terlebih, pemerintah provinsi juga telah mengupayakan dengan rencana pembangunan Jalan Tol Cianjur-Sukabumi.

Akan tetapi, karena minat investor tidak ada, pembangunan belum bisa dilaksanakan. Untuk itu, kata Abubakar, atas inisiatif Pemkab Bandung Barat kali ini, diharapkan untuk pembangunan jalan lingkar Padalarang dari arah Jalan Kota Baru Parahyangan yang statusnya kini telah diserahkan menjadi jalan Pemkab.

Selain itu untuk pengganggarannya pihaknya akan melihat kemamapuan APBD KBB. Apabila, tidak mencukupi dalam satu pengganggaran makan alokasi biaya akan dianggarakan dua tahun.

Dirinya menambahkan, semenjak kemacetan sering terjadi, Jalan Padalarang merupakan jalan Nasional yang memiliki arti sangat penting bagi perkembangan perekonomian di KBB.

Namun, setelah terjadi berbagai pekembangan pembangunan kondisinya sekarang selalu padat. Bahkan pada jam-jam tertentu sering terjadi kemacetan parah.

“Sekarang Jalan nasional yang tengah diperbaiki mencapai 500 meter. Secara bergantian baik dari Cianjur-Padalarang harus mengantre. Maupun sebaliknya,” tutupnya.

(bie)

loading...

Feeds