Jabar Akan Aplikasikan Sistem Transportasi Publik Teknologi Tiongkok

Pemerintah Provinsi ‎Jawa Barat akan mengaplikasikan sistem transportasi publik berteknologi Tiongkok.

Pemerintah Provinsi ‎Jawa Barat akan mengaplikasikan sistem transportasi publik berteknologi Tiongkok.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi ‎Jawa Barat akan mengaplikasikan sistem transportasi publik berteknologi Tiongkok.

Aplikasi tersebut sudah jalan di Kota Metropolitan Chongqing, Tiongkok. Teknologi ini akan dipakai setelah Pemprov Jabar berkerja sama lewat penandatanganan MoU Sister Province, Senin (8/5/2017).

Chongqing merupakan salah satu kiblat sistem transportasi dunia yang terintegrasi dan lengkap mulai dari monorel, subway, bus, dan moda transportasi lainnya.

Selain itu, Jabar pun berharap pada Chongqing bisa menjadi jembatan perdagangan untuk memasarkan kopi asal Jabar di Tiongkok dan di dunia pada umumnya.

Chongqing merupakan pintu gerbang perdagangan dari Asia ke Eropa. Chongqing pun menjadi pusat perdagangan kopi dunia urutan ketiga.

Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama‎ Provinsi Jawa Barat Taufiq Budi Santoso menuturkan kedua bidang tersebut menjadi bobot yang cukup tinggi dalam kerja sama antara daerah tersebut.

“Latar belakang MoU Sister Provinxe antara Jawa Barat dan Chongqing yaitu rencana Jabar yang akan mengembangkan transportasi dengan moda monorel terutama di Bandung Raya,” kata Taufiq, di Hotel Glenview, Chongqing, Tiongkok, Minggu (7/5/2017).

“Itu yang diusulkan kerja sama dengan badan usaha yang ada di Chongqing.”

Menurut dia, pada prosesnya, sebelumnya Jabar dikunjungi oleh delegasi Chongqing ke Jabar pada 2015 lalu. Mereka melakukan LoL (Letter of Intent) di Bandung untuk menyiapkan rencana kerja sama yang lebih luas.

loading...

Feeds