Transportasi Massal Topik Utama Penandatanganan MoU Jabar-Guangxi Zhuang

POJOKBANDUNG.com, NANNING – Sistem dan alat transportasi Guangxi Zhuang m‎enjadi isu menarik dalam penandatangan MoU (nota kesepahaman bersama) antara Provinsi Jawa Barat dan Guangxi Zhuang.

Jabar sendiri di antaranya tertarik menerapkan pemberlakuan motor listrik di perkotaan serta akan menawarkan sistem transportasi dan alat transportasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) nanti ke provinsi Guangxi Zhuang.

Ini bukan tanpa alasan. Provinsi yang dipimpin oleh Gubernur Chen Wu itu ternyata memang memiliki sistem transportasi yang sangat berkembang mulai dari industri otomotif yang sudah menghasilkan 2 juta unit pertahun, pelabuhan terbesar di Tiongkok dan sudah beberapa kali mendorong peningkatan kapasitas pelabuhan di negara lain yang bekerja sama dengan mereka, serta kereta api cepat dengan jalur sepanjang 1750 km.

Selain itu salah satu investor otomotif asal Guangxi Zhuang, Wu Ling, telah memiliki pabrik di Bekasi. Saat prosesnya, Gubernur Chen Wu sendiri sempat berkunjung ke Jabar dan bertemu dengan Pemprov Jabar dan inilah yang menjadi cikal bakal sister province yang ditandatangani kedua belah pihak di Li Yuan Resort, Nanning, Jumat (5/5/2017) waktu setempat.

Saat itu, penandatanganan dari tuan rumah diwakili oleh Wakil Gubernur Guangxi Zhuang,  Zhang Xiaoqin‎. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, Sister Province ini merupakan kelanjutan pertemuan mereka pada 26 Oktober 2015 ketika gubernur Chen Wu datang ke Delta Mas Bekasi, Jabar. Tahun ini perusahaan otomotif dengan merek produk Wu Ling itu akan diresmikan.

“Mudah-mudahan (MoU) ini tonggak kerja sama dengan baik dan disusul kerjasama-kerjasama lainnya,” jelas Aher sebelum penandatanganan MoU.

Diakui dia, pihaknya mengagumi dengan perkembangan sistem transportasi di Guangxi Zhuang yang telah memiliki kereta cepat dengan jarak yang sangat jauh, sementara di Indonesia khususnya baru mau membangun kereta cepat tersebut. ‎”Mudah-mudahan segera terlaksana,” ujarnya.

Selain itu, kata Aher,  pihaknya pun siap menjalin kerja sama dalam bidang informatika karena Jabar memiliki pakar-pakar tersebut. Dengan keterbukaan‎ sharing informasi dan teknologi tersebut diharapkan Jabar atau sebaliknya sama-sama bisa lebih maju.

loading...

Feeds

Wanoja Dukung Hasanah di Pilgub Jabar

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan (Kang Anton) melakukan silaturahmi dengan Komunitas Wanita Anti Narkoba dan …

Alhamdulillah, Imlek di Bandung Aman

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto memantau kegiatan perayaan Imlek di Vihara dan Klenteng di kawasan Jalan Cibadak …

Waduh! Persib Masih Lemah Penguasaan Bola

Skuat Maung Bandung kembali menggelar latihan. Para penggawa Pangeran Biru itu mencoba skema menyerang. Setiap pemain menerapkan variasi serangan, mulai …

Libur Imlek, Berbondong-Bondong Keluar Bandung

Sebanyak 36.814 kendaraan tinggalkan Kota Bandung pada Jumat (16/2). Sedangkan jumlah kendaraan yang memasuki Kota Bandung hanya berjumlah 30.375 kendaraan …