Jelang Ramadan, Stok Gas Elpiji 3 Kg Dipastikan Aman dengan Harga Paling Mahal Rp20 Ribu

Elpiji 3 kg

Elpiji 3 kg

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Stok gas elpiji 3 kg di bulan Ramadan dipastikan aman. Hal itu mengingat Cimahi memiliki peningkatan kuota gas dari Pertamina.

Berdasarkan data dari Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan dan Pertanian Kota Cimahi pada tahun 2016, Cimahi mendapatkan jatah mencapai 6.399.333 tabung gas, kemudian meningkat di tahun 2017 menjadi 6.570.333 tabung.

Sementara, dalam satu bulan kuota yang didapat ditahun 2016 mencapai 533.278 tabung, sedangkan tahun 2017 mencapai 547.528 tabung.

Kabid Perdagangan Diskoperindag Kota Cimahi, Muhammad Sutarno menegaskan, kebutuhan gas jelang di bulan Ramadan bisa dipastikan aman.

Hanya saja, jika berkaca dari tahun sebelumnya, permintaan gas akan kembali meningkat jelang Hari Raya Idul Fitri.”Biasanya di hari libur panjang memang permintaan selalu meningkat. Tapi untuk kebutuhan masyarakat akan kami upayakan,” kata Sutarno.

Selain itu, terkait masalah harga, pihaknya menjamin tidak akan terjadi kenaikan. Sebab, Harga Eceran Tertinggi (HET) sudah ditetapkan. Harga di agen Rp 14.750, sedangkan harga di pangkalan Rp 16.500. Sementara harga toleransi di pedagang maksimal sampai Rp 20.000.

“Jika lebih dari itu, artinya ada permainan di tingkat bawah, karena kepanjangan tangan masih banyak. Jadi, harganya mahal. Seharusnya maksimal harga toleransi sampai Rp 20.000,” ungkapnya.

Dengan kuota gas sebanyak itu, semestinya kebutuhan masyarakat Cimahi bisa terpenuhi dan tidak boleh ada kelangkaan gas. Menurutnya, sebetulnya masalah kelangkaan gas itu di Kota Cimahi harusnya tidak perlu terjadi jika melihat kuota gas yang ada. Namun, selama ini pemanfaatan gas bersubsidi itu memang tidak tepat sasaran.

“Semestinya, gas 3kg tersebut diperuntukan bagi masyarakat yang berpenghasilan Rp 1.500.000 ke bawah. Tapi kenyataannya, masih banyak masyarakat berpenghasilan lebih yang menikmati gas 3 kg tersebut,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds

PAUL POGBA

Paul Pogba Sambut Ramadan di Tanah Suci

POJOKBANDUNG.com- BINTANG Manchester United, tampaknya ingin merayakan bulan Ramadan tahun ini dengan lebih khidmat. Sebab, ia memulai puasa pertamanya dengan …