Harga Cabe dan Bawang Naik, Ibu Rumah Tangga Pusing

Pedagang menunggu pembeli di Pasar Kosambi, Kota Bandung. (Riana Setiawan)

Pedagang menunggu pembeli di Pasar Kosambi, Kota Bandung. (Riana Setiawan)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Jelang bulan Ramadan, harga beberapa bahan pokok mengalami kenaikan, sepertri diungkapkan para pedagang di Pasar Kosambi, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung.

Beberapa bahan pokok yang mengalami kenaikan di antaranya, cabe, bawang putih. Salah seorang pedagang, Yayah (56), mengatakan, kenaikan harga memang lumrah terjadi setiap jelang bulan Puasa.

Yayah menjelaskan komoditas, seperti cabe merah mengalami kenaikan Rp. 15.000/kg dari semula Rp 40.000/kg dan untuk cabe keriting merah menjadi Rp. 40.000/kg, sebelumnya hanya Rp 30.000/kg.

Sempat melambung tinggi, harga cabe rawit merah yang pernah menembus harga Rp 160.000/kg dan turun hingga kisaran Rp. 60.000 April lalu, saat ini kembali mengalami kenaikan harga menjadi Rp. 80.000/kg.

“Untuk cabai rata-rata naik dari harga Rp10 ribu sampai Rp 20 ribu/kg,” kata Yayah.

Sempat ramai akhir-akhir ini, bawah putih dan merah pun mengalami kenaikan harga cukup signifikan. Untuk bawang putih yang semula dijual Rp 40.000/kg, kini naik menjadi Rp 55.000/kg dan untuk bawang merah hanya mengalami kenaikan 15 persen menjadi Rp 35.000/kg.

“Beberapa hari ini harga bawang putih naik, jadi para pembeli banyak mengeluh,” katanya.

Selain varian cabe dan bawang, harga jengkol pun mengalami kenaikan. Yang sebelumnya Rp. 40.000/kg menjadi Rp 60.000/kg. “Harga jengkol selalu naik menjelang hari besar, bisa naik sampai Rp 80 ribu,” ujarnya.

Dikeluhkan ibu rumah tangga warga Kecamatan Sumur Bandung, Yuni Yuniarsih (40), dirinya resah pengeluarannya menjadi bertambah besar dengan kenaikan harga kebutuhan pokok jelang Ramadan.

Walikota Bandung, Ridwan Kamil, mengakui, kenaikan harga beberapa bahan kebutuhan pokok jelang Puasa dan Idul Fitri memang kerap terjadi. Pihaknya akan mengambil tindakan untuk mengatasi kenaikan harga yang tidak wajar.

“Dimana tidak ada harga yang wajar, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan ambil tindakan, Kita akan koordinasi dengan beberapa instansi,” tandasnya. (cr)

loading...

Feeds

PAUL POGBA

Paul Pogba Sambut Ramadan di Tanah Suci

POJOKBANDUNG.com- BINTANG Manchester United, tampaknya ingin merayakan bulan Ramadan tahun ini dengan lebih khidmat. Sebab, ia memulai puasa pertamanya dengan …