Wow, Ilmuwan Ungkap Ulat Ini Bisa Mengurai Limbah Plastik

Ilmuwan di Spanyol menemukan salah satu solusi pengurai plastik, yaitu ulat lilin. (PA)

Ilmuwan di Spanyol menemukan salah satu solusi pengurai plastik, yaitu ulat lilin. (PA)

POJOKBANDUNG.com- MASYARAKAT di seluruh dunia memakai satu triliun kantong pastik setiap tahunnya. Semua kantong plastik yang sudah terpakai, pasti berujung tergeletak di tempat sampah.

Ironisnya, sebuah kantong plastik membutuhkan 10 hingga 12 tahun untuk bisa terurai. Jadi, bisa dibayangkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengurai seluruh kantong plastik yang digunakan.

BACA JUGA:

Wah! Ilmuwan Temukan 7 Planet Mirip Bumi

Mengejutkan! Ternyata Keju Bisa Bikin Panjang Umur Lho

Namun, baru-baru ini, ilmuwan di Spanyol menemukan salah satu solusi pengurai plastik, yaitu ulat lilin. Dilansir Daily Mail, kala itu para ilmuwan yang tergabung dari Institute of Biomedicine and Biotechnology of Cantabria, melakukan penelitian secara tidak sengaja.

Hal ini lantaran mereka menemukan lubang-lubang di kantong plastik yang berisi ulat lilin. Tak hanya itu, setelah ditimbang, berat katong plastik yang dikonsumsi ulat lilin berkurang. Plastik yang dikonsumsi ulat lilin akan mengurainya menjadi etilen glikol.

ulat limbah plastik dalam

“Kami menemukan, larva bernama Galleria mellonella (ngengat lebah madu), mampu mengurai salah satu zat plastik tersulit untuk diuraikan, paling elastis, dan paling banyak digunakan: polietilen,” ujar kepala penelitian, Federica Bertocchini.

Menurut hasil penelitian ini yang dipubilkasikan di Current Biology, ulat jenis ini secara alami menetas, tumbuh, serta memakan sarang lebah yang terdiri dari beragam campuran senyawa lipida.

loading...

Feeds