Pekan Ini, Pemprov Jabar Teken 4 MoU Sister Province di RRT

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat akan melakukan penandatangan nota kesepahaman atau MoU dengan empat provinsi di Negara Republik Rakyat Tiongkok pada pekan ini.

Keempat provinsi yang sepakat menjalin kerja sama Sister Province dengan Jabar tersebut yaitu Guangxi Zhuang, Chongqing, Sichuan, dan Heilongjiang.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan bersama tiga Perangkat Daerah (Biro Pemerintahan dan Kerjasama, Dinas Perhubungan, dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu) serta Nelson Simanjuntak dari Kementerian Dalam Negeri bertolak ke Tiongkok dari Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (4/5/2017) menuju RRT dengan tujuan pertama, Kota Nanning, Provinsi Guangxi Zuang yang diagendakan penandatanganan dilakukan pada Jumat (5/2/2017).

‎Kepala Biro Pemerintahan dan Kerja Sama Provinsi Jawa Barat Taufiq Budi Santoso mengatakan, sebetulnya untuk Sister Province ini sudah diinisiasikan sejak 2015. Bahkan di antaranya sudah mengemuka sejak 2010 lalu. Namun untuk Sichuan Letter Of Intent-nya terjadi pada 2016 lalu.

“Penandatangan ini sebenarnya kami rencanakan pada akhir tahun lalu. Tapi karena tidak memungkinkan akhirnya ditunda. Akhirnya kami lakukan serentak agar efektif dan efisien. Gubernur tinggal tanda tangan keempat dokumen itu yang sudah kita atur waktunya,”ujar Taufik disela-sela perjalanan menuju Nanning, Guangxi Zuang.

Menurut dia, pada prosesnya sehingga terjadi penandatanganan MoU, pemerintah provinsi Jabar telah melalui serangkaian proses dengan mendapatkan persetujuan dari parlemen dalam hal ini DPRD Jabar, kementrian dalam negeri dan kementrian luar negeri. Hal itu semua tuntas pada 2016 lalu.

“‎DPRD sudah setuju, kemendagri setuju, kemenlu keluarkan surat kuasa MoU karena aturannya seperti itu,”ucap dia.

Diakui dia, MoU tersebut bisa terjadi dalam jangka waktu yang panjang namun secara berkala, lima tahun sekali akan direview atau ditinjau ulang untuk mengetahui kesepakatan kerja sama yang belum tercapai.

loading...

Feeds