Ngeri, Banyak Bus Beroperasi dengan Onderdil Rusak

Bus pariwisata yang mengalami rem blong dan menabrak sejumlah kendaraan di Jalan Raya Puncak, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Minggu (30/4) hingga mengakibatkan 11 korban jiwa. Foto: istimewa for JawaPos.Com

Bus pariwisata yang mengalami rem blong dan menabrak sejumlah kendaraan di Jalan Raya Puncak, Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Minggu (30/4) hingga mengakibatkan 11 korban jiwa. Foto: istimewa for JawaPos.Com

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Pengguna transportasi massal khususnya bus semakin diresaskan dengan temuan 11 bus AKDP dan AKAP yang tak layak beroperasi. Kesebelas bus itu terpaksa diparkir lantaran memakai beberapa komponen onderdil dengan kondisi rusak. Misalnya, per, pegas, rem dan ban yang gundul.

Temuan itu diketahui saat Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung denngan Satlantas Polrestabes Bandung menggelar ramp check terhadap 81 armada di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung, selama dua hari, Rabu (3/5) dan Jumat (5/5).

BACA JUGA:

Ini Penyebab dan Kronologi Kecelakaan Maut di Jalur Puncak-Cianjur

Kengerian Masih Hantui Korban Selamat Kecelakaan Maut di Puncak Bogor

“Rabu kami lakukan cek 71 bus dan Jumat 10 bus,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Didi Ruswandi.

Kepala Bidang Perencanaan dan Pembinaan Transportasi Dishub Kota Bandung, Asep Kuswara menambahkan, dari hasil pemeriksaan selama dua hari, secara rinci ke 11 bus yang diparkirkan terbukti telah menyalahi izin operasional.

Misalnya, sopir bus tidak dapat menunjukan STNK, buku uji KIR, daftar waktu kendaraan. Sedangkan untuk pemeriksaan fisik terdapat sejumlah bus masih menggunakan komponen onderil kurang baik seperti rem dan ban yang sudah gundul.

“Kami parkirkan 11 bus sebelum Perusahaan Otobus (PO) melengkapi dan memperbaiki bus,” terangnya.

Di tempat yang sama, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Hendro Pandowo meminta sejumlah PO dan sopir memperhatikan kelayakan kendaraan dan mengecek kembali sebelum melaksanakan perjalanan. Hal itu menyusul antisipasi terjadinya kecelakaan seperti di kawasan puncak Bogor dan Ciloto Cianjur beberapa waktu lalu.

“Jika memang melanggar baik PO maupun sopir kami bisa tindak, mulai dari sanksi tilang atau pencabutan izin bahkan bisa pidana,” tandasnya.

(arh)

loading...

Feeds

PAUL POGBA

Paul Pogba Sambut Ramadan di Tanah Suci

POJOKBANDUNG.com- BINTANG Manchester United, tampaknya ingin merayakan bulan Ramadan tahun ini dengan lebih khidmat. Sebab, ia memulai puasa pertamanya dengan …