Pemkot Bandung Anggap PKL Musiman Jadi Masalah Jelang Ramadan

Gerobak PKL purnawarman penuhi halaman balai kota Bandung. (murwani)

Gerobak PKL purnawarman penuhi halaman balai kota Bandung. (murwani)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pedagang Kaki Lima (PKL) musiman menjelang Ramadan, jadi masalah musiman bagi Pemkot Bandung.

“Karenanya, saya menghimbau agar PKL musiman tidak mengalahkan PKL tetap yang datanya sudah ada,” ujar Wakil Wali Kota Bandung, Oded M. Danial, kepada wartawan , Kamis (4/5/2017).

Oded mengatakan, sudah dapat dipastikan akan banyak PKL musiman menjelang Ramadan. Karenanya, Oded meminta Satpol PP Kota Bandung untuk lebih sigap dalam melakukan tupoksinya terkait pengamanan.

“Saya yakin jumlahnya akan banyak sehingga akan menjamur,” tegasnya.

Baca Juga:

Jelang Ramadan, Polda Jabar Bentuk Tim Khusus untuk Disebar ke Pasar

Ramadan Tahun Ini Diprediksi 29 Hari

Muhammadiyah Tetapkan Awal Ramadan Jatuh pada…

Oded juga mengatakan, tidak mungkin melokalisasi PKL musiman, karena butuh tempat yang tak mudah disedikakan.

“Karenanya satu-satunya cara adalah, semua pihak mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan,” tuturnya.

Yang juga harus menjadi perhatian, lanjut Oded, adalah penjual makanan di dalam mobil yang sebenarnya tidak diizinkan Pemkot Bandung.‎

Untuk itu, Oded menegaskan, tidak ada toleransi kepada PKL musiman, baik itu saat Ramadan atau bukan, tetap tidak boleh berjualan di zona-zona yang sudah dilarang.

“Zona hijau, kuning, dan merah untuk PKL, tetap berlaku meski di bulan Ramadan. Makanya semua pihak harus tetap berhati-hati, agar tidak ada regulasi yang dilanggar,” terangnya.

Seperti diketahui, tempat-tempat yang menjadi favorit PKL musiman adalah di sekitaran Jalan Dalem Kaum. Selain dijadikan tempat PKL musiman, banyak juga dijadikan tempat bazar murah oleh pihak-pihak tertentu.

“Untuk pihak-pihak yang ingin menggunakan Jalan Dalem Kaum, harus meminta izin kepada pihak terkait. Karena ini menyangkut ketertiban dan keamanan yang bisa mengganggu khalayak ramai,” tegas Oded.

(mur)

loading...

Feeds

Pemkot Cimahi Segera Lakukan Rotasi

Rotasi dan Mutasi pejabat esselon di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan karena, kebutuhan organisasi.

Perda Kepemudaan Harus Diimplementasikan

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di kalangan pemuda, Pemerintah Kota Cimahi sebaiknya mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.

Pilgub, Peran Ulama-Ponpes Strategis

Pesantren tidak hanya sebagai tempat kaderisasi pembinaan, pencerahan para santri dalam melahirkan generasi muda Indonesia, tapi juga terdepan dalam perang …

Skuat Persib Bakal Pergi ke Tasik

Gomez mengatakan, Persib Bandung memiliki lapangan yang  bagus (GBLA). Namun karena cuaca tidak mendukung tim pun hanya latihan selama 50 …