Soenda Berita di Masa Penjajahan, Mencerdaskan Pribumi dan Menerima Penulis Perempuan

R.M. Tirto Adhi Soerjo, Bapak Pers Nasional Pendiri Soenda Berita. Foto: kemdikbud.go.id

R.M. Tirto Adhi Soerjo, Bapak Pers Nasional Pendiri Soenda Berita. Foto: kemdikbud.go.id

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Soenda Berita yang diterbitkan R.M. Tirto Adhi Soerjo mengemban visi misi mulia. Ketika nusantara dijajah Belanda, koran ini melawan dengan ilmu pengetahuan.

Menurut Pramoedya Ananta Toer dalam buku “Sang Pemula” (Lentera Dipantara, 2003), Tirto Adhi Soerjo mempunyai program yang jelas selama menerbitkan Soenda Berita. Tirto (1880-7 Desember 1918) adalah Bapak Pers Nasional.

“Yaitu menaikkan tingkat pengetahuan bangsanya di berbagai bidang, dan menyiapkan bangsa menghadapi zaman modern…,” tulis Pramoedya.

Baca Juga:

Soenda Berita, Cikal Bakal Pers Nasional Lahir di Cianjur

Tan Malaka di Gedung DPR, Imuwan Belanda Berkaca-kaca

Pramoedya kagum dengan kinerja Tirto yang di awal penerbitan Soenda Berita bekerja seorang diri atawa one men show. Tirto mengisi korannya dengan pengetahuan poluler, mengajarkan administrasi, mengoreksi berita, hingga mengurus percetakan.

“Berkala yang ia namai ‘Kepunyaan Kami Pribumi’ itu ia isi dengan rubrik kesehatan, pengobatan, kedokteran, bakteriologi, meteorologi, hukum, ketataprajaan, hukum agama Islam, seluk-beluk fotografi…,” tulis Pramoedya, sastrawan penulis novel Tetralogi Pulau Buru yang termasyhur itu.

Tak hanya itu, sambung dia, Tirto juga menulis seni wayang Golek yang sebelumnya ia tonton. Kemudian perkreditan, kimia, tata pengadilan, pengajaran, tinjauan pers, farmasi, terjemahan Lembaran Negara serta lampirannya.

“Bahwa ia bisa bertahan kerja setahun seperti itu sungguh suatu daya yang luar biasa. Dan orang dapat melihat betapa luasnya dan beranekaragam pengetahuannya, sekalipun tidak mendalam. Itu belum termasuk pekerjaan surat-menyurat ditambah harus jadi kolportir sendiri pula,” lanjut Pramoedya.

Pramoedya lalu mengutip tulisan yang menjadi sikap koran Soenda Berita.

“…. kami suka sekali membanting diri membuang tenaga akan membantu memajukan kepandaian bangsa kami dan bangsa yang dipersamakan dengannya, asalkan kami tidak terpaksa menanggung banyak kerugian….”

loading...

Feeds

malam takbir

Deddy Mizwar: Silakan Takbir Keliling

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengimbau masyarakat, khususnya warga Kota Bandung untuk menggelat takbir keliling secara …