Banjir Bandang di Kab Bandung, Puluhan Jiwa Mengungsi

Banjir bandang terjang Pasir Jambu, Kab Bandung. (Dok SAR Jabar)

Banjir bandang terjang Pasir Jambu, Kab Bandung. (Dok SAR Jabar)

POJOKBANDUNG.com, CIWIDEY- Banjir bandang melanda dua desa di Kab Bandung, Rabu sore (3/5/2017) sekitar pukul 15.15 Wib.

Informasi yang diperoleh pihak BPBD Kab Bandung, setelah melakukan pengecekan ke lokasi kejadian, banjir bandang terjadi selama sekitar 30 menit, menerjang Desa Ciwidey, Kec Ciwidey dan Desa Tenjolaya, Kecamatan Pasirjambu, Kab Bandung.

Kepala BPBD Kab Bandung Tata Irawan Subandi mengungkapkan, banjir bandang terjadi disebabkan hujan deras di wilayah Kecamatan Ciwidey dan sekitarnya sehingga mengakibatkan debit air Sungai Ciwidey meningkat sehingga terjadi luap air sungai ke permukiman dan ke jalan Cihanjawar.

Data yang diperoleh, di Desa Ciwidey, Kecamatan Ciwidey terdapat sebanyak 7 kepala keluarga  atau 28 jiwa yang terdampak banjir bandang ini.

Di desa tersebut, terdapat dua rumah terseret arus banjir, milik Dadang dan Agus. Sementara empat rumah lainnya terbawa arus pada bagian dapurnya. Masing-masing rumah milik Aminah, Enok Sukaesih, Yaya, dan Uep.

Sementara di DesaTenjolaya Kec Pasirjambu terdapat tiga rumah yang mengalami kerusakan sedang dan ringan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Data kerusakan akibat peristiwa banjir ini masih diperbarui BPBD.

Pihak BPBD saat ini sudah berkoordinasi dengan Muspika setempat dan mengimbau warga sekitar agar berhati-hati jika terjadi lagi hujan dengan intensitas tinggi.

“Segera mencari tempat yang aman, dan bagi yang rumahnya ambruk telah mengungsi ke rumah tetangga terdekat,” imbaunya.

Sementara itu, data yang yang dipeorleh dari Koramil 0914/Ciwidey terdapat satu Masjid Nurul Janah yang berada di Kampung Kaum Kidul Barat Rw16/03, yang juga mengalami kerusakan parah akibat tergerus arus banjir.

(tim/ca/pojokbandung)

loading...

Feeds