Wah! Bos CIA Dikirim ke Korea Selatan, Ada Apa Ya?

Presiden AS Donald Trump

Presiden AS Donald Trump

POJOKBANDUNG.com – Amerika Serikat terus bergerak di Semenanjung Korea. Giliran Direktur CIA (badan intelijen AS) Mike Pompeo menemui perwakilan pemerintah Korea Selatan (Korsel) di Kota Seoul.

Bos CIA itu bertemu perwakilan pemerintah Korsel saat latihan gabungan unit tempur USS Carl Vinson dan Angkatan Laut Korsel di Laut Jepang.

Korea Utara (Korut) yang merasa terprovokasi pun mendeklarasikan rencananya untuk menguji coba nuklir.

”Direktur CIA dan istrinya berada di Seoul sejak akhir pekan,” terang salah seorang diplomat AS yang bekerja di kedutaan.

“Mereka menggelar pertemuan internal dengan para pejabat Kedutaan Besar AS dan petinggi pasukan AS di Korea.”

Diplomat tersebut enggan menguraikan topik yang dibahas Pompeo dengan para koleganya. Dia hanya mengatakan bahwa pertemuan di Ibu Kota Korsel itu berlangsung tertutup.

Sebelum mengadakan pertemuan tertutup dengan para pejabat AS, Pompeo menemui para pejabat Korsel.

”Begitu tiba di Korsel, Direktur CIA langsung menggelar pertemuan dengan para petinggi intelijen Korsel dan pejabat-pejabat senior kantor kepresidenan,” kata diplomat tersebut, dikutip dari harian Chosun Ilbo, Senin (1/5/2017).

Kedatangan Pompeo dan istrinya ke Korsel, menurut sumber tersebut, tidak terjadwalkan sebelumnya. Kabarnya, tokoh 53 tahun itu berkunjung ke Korsel karena ketegangan di Semenanjung Korea meningkat.

”Presiden (Donald) Trump menugasi direktur CIA untuk menghimpun informasi terperinci tentang kebijakan Pyongyang terkait krisis nuklir Korea Utara,” terangnya.

Selain itu, Pompeo bertukar pendapat dengan para tokoh Korsel tentang hubungan dua negara pada masa mendatang. Terutama pasca-pemilihan presiden baru Korsel 9 Mei.

Kemarin Kedutaan Besar AS di Korsel menjelaskan dalam pernyataan tertulis bahwa Washington tidak berpihak kepada kandidat tertentu. Jubir kedutaan juga membantah rumor tentang pertemuan Pompeo dengan seorang kandidat.

(AFP/Reuters/CNN/jpnn)

loading...

Feeds

Wanoja Dukung Hasanah di Pilgub Jabar

Calon Wakil Gubernur Jawa Barat Irjen Pol (Purn) Anton Charliyan (Kang Anton) melakukan silaturahmi dengan Komunitas Wanita Anti Narkoba dan …

Parah, Ini Komplikasi Penyakit Fuad Amin

Kepala Lapas Sukamiskin Dedi Handoko, membenarkan jika Fuad Amin dirujuk ke RS Dustira agar mendapat perawatan intensif. Ia mengatakan, kondisi …

Alhamdulillah, Imlek di Bandung Aman

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Agung Budi Maryoto memantau kegiatan perayaan Imlek di Vihara dan Klenteng di kawasan Jalan Cibadak …

Waduh! Persib Masih Lemah Penguasaan Bola

Skuat Maung Bandung kembali menggelar latihan. Para penggawa Pangeran Biru itu mencoba skema menyerang. Setiap pemain menerapkan variasi serangan, mulai …