Gedung Sate Mulai Dikepung Buruh dan Kaki Lima

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peringatan Hari Buruh (May Day), Senin (1/5/2017), di Bandung diwarnai dengan aksi unjuk rasa dari bebargai organisasi serikat pekerja.

Aksi antara lain dilakukan di pusat pemerintahan Provinsi Jawa Barat, Gedung Sate, Bandung. Sekitar pukul 09.00 WIB, massa buruh mulai merapat ke gedung yang berdiri di Jalan Diponegoro itu.

Massa berasal dari Gabungan Serikat Perkeja Merdeka Indonesia (Gasperindo) Jawa Barat. Mereka datang dengan mobil komando yang diikuti puluhan motor.

Baca Juga:

Hari Buruh, Polrestabes Bandung Turunkan Ribuan Personel Gabungan

Massa buruh lainnya yang turun ke jalan adalah Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (SPSI) Dayeuhkolot. Mereka berkonvoi dengan motor untuk menuju Gedung Sate.

SPSI mengklaim menurunkankan 3.000 anggotanya dalam May Day tersebut. Mereka adalah perwakilan dari 100 ribu buruh SPSI Bandung Selatan.

Tuntutan SPSI maupun Gasperindo sama-sama menolak PP 78 Tahun 2015 Tentang Pengupahan.

Pantauan Pojokbandung.com, situasi sekitar Gedung Sate, terutama Lapangan Gasibu, ramai. May Day yang dijadikan hari libur dimanfaatkan masyarakat untuk jalan-jalan di Lapangan Gasibu. Pedagang kaki lima pun menjamur.

Sehingga, aksi buruh berlangsung di antara wisatawan lokal. Aksi tersebut mendapatkan pengamanan cukup ketat dari kepolisian. Sementara arus lalu lintas di sekitar Gedung Sate terlihat ramai.

(imn/gun/rmo/pojokbandung)

loading...

Feeds