Suka Gigit Kuku? Ini Dampak Negatifnya

POJOKBANDUNG.com- MENGGIGIT kuku jari adalah salah satu bentuk dari ketidakseimbangan emosional. Kendati cukup umum dilakukan, namun onychophagia, istilah medisnya, ternyata dapat berkontribusi terhadap beberapa masalah kesehatan.

Apa saja itu, berikut beberapa masalah kesehatan yang disebabkan kebiasaan menggigit kuku jari seperti diambil dari MensHealths.com:

BACA JUGA:

Kompres Kepala dengan Kulit Pisang, Apa Manfaatnya?

Betulkah Bercinta Bisa Redam Konflik? Begini Penjelasannya

1. Infeksi
Kuku jari yang digigit beresiko menyababkan terksposnya kulit didasar kuku. Ketika bakteri atau patogen dari mulut merangsek, dapat menyebabkan infeksi bernama paronikia dan menyebabkan pembengkakan, kemerahan, rasa sakit dan nanah.

2. Gangguan pencernaan
ketika jari tangan masuk ke dalam mulut, maka ini memungkinkan mikroorganisme untuk menyusup ke dalam sistem pencernaan. Selain gangguan pencernaan, kebiasaan ini juga kerap menyebabkan flu.

3.Kuku jari tumbuh ke dalam daging
Gigitan dapat menyebabkan infeksi serius yang menyebabkan kerusakan pada lapisan “matrix’ kuku. Hal ini dapat memicu kuku jari tumbuh ke dalam daging. Ini sangat menyakitkan.

4. kerusakan gigi dan gusi
Soket yang menahan akar gigi bisa saja rusak akibat kebiasaan ini. Tidak hanya menyebabkan gigi tidak lagi rata, menggigit kuku juga dapat menyebabkan penyakit gusi atau gingivitis.

 

loading...

Feeds

Truk menabrak warung di kawasan Cileunyi.

334 Nyawa Melayang Hingga H+2 Lebaran

POJOKBANDUNG.com- OPERASI Ramadniya 2017 tengah digelar pihak kepolisian. Selain mengamankan lebaran, polisi juga memfokuskan penanganan kelancaran  arus lalu lintas baik …
nagreg

H+3, Arus Balik di Nagreg Masih Normal

POJOKBANDUNG.com, NAGREG- Memasuki H+4 lebaran tahun ini, arus balik di jalur selatan antara Malangbong (Garut)-Nagreg (Bandung) terpantau lancar. Hanya di …