Dominasi Penduduk, Pemkot Edukasi Anak-anak Muda

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Bandung disibukkan dengan upaya pengendalian penduduk dan pembinaan keluarga, lewat berbagai program.

Kepala DPPKB Kota Bandung Eddy Marwoto mengutarakan, pihaknya saat ini, salah satunya fokus memberikan pendidikan terhadap kalangan remaja.

Hal demikian dilakukan bukan tanpa alasan. Sebab data yang ada menyebutkan bahwa, usia remaja menempati proporsi terbanyak dari populasi Kota Bandung saat ini, dengan mencapai angka 60 persen.

BACA JUGA:

Gandeng Swasta, Pemkot Bandung Bangun Skate Park

Program Saber Pungli, Pemkot Bandung Revolusi Mental di SKPD

Salah satu upaya yang dilakukan DPPKB, Eddy menyebutkan, adalah dengan pembentukan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIKR) dan Pusat Informasi Konseling Mahasiswa (PIKMa) di berbagai wilayah.

PIKR bekerja sama dengan kewilayahan dan dijalankan terutama melalui Posyandu. Sementara PIKMa menyasar mahasiswa dengan menempatkan kader di kampus-kampus.

Perguruan tinggi yang sudah memiliki PIKMa, antara lain UIN Sunan Gunung Djati, Itenas, Stikes Kota Bandung dan Universitas Pendidikan Indonesia.

“Di PIKMa itu kuncinya ada yang namanya konseling sebaya. Biasanya kalau remaja bisa lebih terbuka dengan sesamanya ketimbang dengan yang lebih dewasa. Makanya kita memberikan pemahaman nilai melalui konseling sebaya itu,” papar Eddy dalam Bandung Menjawab di Media Lounge Balai Kota Bandung.

Nilai-nilai yang diedukasi kepada remaja adalah terkait kesehatan reproduksi dan persiapan menjelang pernikahan. Hal itu dianggap penting karena menyangkut kesiapan membangun keluarga harmonis, kokoh dan sejahtera.

loading...

Feeds