Tanam Nilai Keberagaman Sejak Usia Dini Lewat Lomba Mewarnai

Pelajar Taman Kanak-kanak turut mewarnai gambar Candi Borobudur, saat mengikuti lomba mewarnai nasional dengan tema Ceria Warna Nusantara, di Metro Indah Mall, Bandung. Foto: Riana Setiawan

Pelajar Taman Kanak-kanak turut mewarnai gambar Candi Borobudur, saat mengikuti lomba mewarnai nasional dengan tema Ceria Warna Nusantara, di Metro Indah Mall, Bandung. Foto: Riana Setiawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Indonesia seperti pelangi, negeri beragam warna yang dihuni beragam suku bangsa, agama, dan budaya. Ini tercermin dari semboyan “Bineka Tunggal Ika”.

Keberagaman warna itu kemudian menjadi dasar Lomba Mewarnai Nasional Pascola di di Metro Indah Mall, Bandung. Lomba yang diikuti ratusan anak TK ini bertajuk tema “Ceria Warna Nusantara”.

Niken D. Mahanani, Marketing Manager PT Standardpen Industries, pihaknya sengaja mengangkat lomba tentang budaya Indonesia yang kaya warna.

Lewat lomba itu, kata dia, anak kecil yang menjadi peserta lomba dikenalkan pada keberagaman atau perbedaan nusantara yang indah. Diharapkan nilai keberagaman tertanam, bahwa perbedaan itu indah dan bukan masalah.

“Dengan lomba mewarnai ini kami ingin mengenalkan budaya, ikon nusantara yang berbeda-beda dan berwarna,” ujar Niken D. Mahanani, di sela lomba yang digelar Kamis (27/4/2017).

Baca Juga:

Jokowi Sebut Indonesia Beruntung Miliki Pancasila

Iqro, Film Cucu Direktur Bosscha yang Ingatkan Bahaya Polusi Cahaya

Di sisi lain, Niken menambahkan, mewarnai merupakan pendidikan dasar bagi anak agar lebih kreatif.

“Tujuan dari lomba ini agar anak-anak lebih kreatif lagi dalam berkarya, apalagi yang diwarnai adalah simbol-simbol budaya Indonesia,” imbuhnya.

Dalam prakteknya, anak-anak mewarnai simbol-simbol dari tiga provinsi di Indonesia, yakni Sumatera, Bali, dan Jawa. Tiga pulau tersebit dianggap mewakili budaya Indonesia.

Sumatera bukan hanya punya panorama alam memikat, namun juga memiliki ragam kuliner yang dikenal dunia.

loading...

Feeds

Google Kenalkan Cara Mudah Berlibur

Lewat kampanye bertajuk #LiburanDenganGoogle, aplikasi Google melengkapi fitur untuk membantu Anda mengambil keputusan informatif sebelum melakukan pemesanan.