Liga Sepak Bola Jalanan “Indonesia tanpa Stigma”, dari Bandung ke Surabaya

League of Change (LoC) atau Liga Perubahan tahun ini digelar di Surabaya. Sebelumnya, liga kaum marginal ini digelar di komunitas Rumah Cemara, Bandung.

League of Change (LoC) atau Liga Perubahan tahun ini digelar di Surabaya. Sebelumnya, liga kaum marginal ini digelar di komunitas Rumah Cemara, Bandung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – League of Change (LoC) atau Liga Perubahan kembali digelar tahun ini. Berbeda dengan penyelenggaraan sebelumnya, LoC 2017 akan berlangsung di Surabaya, 30 April hingga 3 Mei 2017.

LoC adalah liga sepak bola jalanan 4 lawan 4 yang menyatukan orang dengan HIV-AIDS (Odha), konsumen narkoba, anak jalanan, masyarakat miskin kota, dan kelompok marginal lainnya.

Salah satu tujuan LoC agar kelompok-kelompok terpinggirkan memiliki kesempatan untuk mengubah hidupnya melalui sepak bola.

Baca Juga:

Menakjubkan! Komunitas Ilmuwan Warga Temukan Fenomena Cahaya Langka di Langit Malam

“Tangan Ajaib” Komunitas UKO Hasilkan Karya Menakjubkan

Iqro, Film Cucu Direktur Bosscha yang Ingatkan Bahaya Polusi Cahaya

Penyelenggaraan LoC biasanya digelar komunitas Rumah Cemara, Bandung, sebagaimana 2012 dan 2013.

Tahun ini, Yayasan Our Right To Be Independent (ORBIT) di Surabaya akan menjadi tuan rumah kegiatan yang tetap mengusung semboyan “Keadilan bersepak bola bagi seluruh rakyat Indonesia” itu.

Seperti diketahui, acara yang diprakarsai Rumah Cemara ini bukanlah milik lembaga, mitra, dan individu tertentu, melainkan milik seluruh lapisan masyarakat.

Seluruh kelompok maupun individu di Indonesia dapat berpartisipasi dengan semangat perubahan melalui sepak bola, tanpa adanya stigma dan diskriminasi.

Rudhy Wedhasamara, ketua pelaksana dari Yayasan ORBIT Surabaya menjelaskan, sepak bola merupakan media yang kreatif sebagai ajang pembuktian bagi orang-orang yang kerap mendapat stigma dari masyarakat, seperti konsumen narkoba, Odha, dan anak jalanan.

loading...

Feeds