Bawaslu Diminta Tak Hanya Awasi Pelanggaran Pemilu Saja

deddy mizwar

deddy mizwar

POJOKBANDUNG.com – Fungsi utama Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) adalah pengawasan pelanggaran pemilu. Namun Bawaslu juga diminta berperan aktif dalam mendorong tingkat partisipatif masyarakat dalam pemilihan.

Hal itu disampaikan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dalam acara Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dan Bawaslu Jabar Award 2017 di Hotel Harris Festival Citylink, Bandung, Kamis (27/4/17) malam.

“Saya pikir, yang penting dari Bawaslu ini adalah bagaimana partisipatif masyarakat. Kalau KPU partisipatif masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya. Kalau Bawaslu mengawasi bagaimana jalannya Pemilu. Ini dua hal yang berbeda,” ujar Deddy.

Baca Juga:

Elite Gerindra Merasa Sreg Bawa Koalisi DKI ke Pilgub Jabar

Generasi Muda Jabar Diminta Berperan Aktif Lestarikan Seni Tradisi, Biar Nggak Diklaim Negara Lain

Ia mengatakan, sistem pengawasan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem Penegakan Peraturan Pemilihan Kepala Daerah.

Maka, lanjut dia, diperlukan suatu sistem pengawasan yang tidak saja efektif dan efisien, tapi juga mampu mendorong partisipasi publik dan partai politik untuk melakukan pengawasan Pemilihan Kepala Daerah.

Hal itu, kata dia, tertuang dalam Pasal 131 Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2015, yang intinya mengamanatkan bahwa untuk mendukung kelancaran penyelenggaraan pemilihan dapat melibatkan partisipasi masyarakat.

loading...

Feeds