Puncak Hari Air Sedunia XXV, Aher: Citarum Ingin Bersih, Adopsi Budaya Masyarakat Mesir

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) saat temu wicara dengan salah seorang petugas pintu air pada peringatan Hari Air Sedunia XXV, di kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Kamis (27/4).

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) saat temu wicara dengan salah seorang petugas pintu air pada peringatan Hari Air Sedunia XXV, di kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Kamis (27/4).

POJOKBANDUNG.com, SUMEDANG- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) mengajak masyarakat menjaga kualitas dan ketersediaan air. Ia menekankan hal itu saat menghadiri puncak peringatan Hari Air Sedunia XXV, di kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Kamis (27/4).

Menurutnya, permasalahan air yang merupakan kebutuhan primer manusia dan semua mahluk hidup. Maka air harus serius ditangani.  “Tak ada kehidupan tanpa air, jaga kualitas dan kuantitas air dengan baik dari mulai hulu sampai hilir,” ungkap Aher.

Ia mengaku prihatin dengan kebiasaan masyarakat yang belum bisa menjaga dan melestarikan air, seperti mencemari air dengan limbah rumah tangga atau limbah industri.

Kepala Dinas SDA Provinsi Jawa Barat, Nana Nasuha Sp1 saat memberi sambutan  pada peringatan Hari Air Sedunia XXV.

Kepala Dinas SDA Provinsi Jawa Barat, Nana Nasuha Sp1 saat memberi sambutan pada peringatan Hari Air Sedunia XXV.

Aher mencontohkan sungai Citarum yang menjadi tempat pembuangan segala jenis limbah, dari industri sampai rumahtangga. Hal itu menandakan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menjaga kelestarian air.

Akibatnya sungai terpanjang di Provinsi Jawa Barat tersebut saat ini masuk pada kondisi kritis, dengan tingkat pencemaran yang tinggi. Aher pun meminta masyarakat mencontoh budaya masyarakat Mesir, yang hingga kini konsisten menjaga kelestarian sungai Nil.

“Kita harus membangun budaya orang Mesir, bagaimana program air bersihnya bisa berjalan. Citarum bestari kemudian bisa menjadi contoh perlahan tapi pasti,” ungkapnya.

Ia berharap berbagai program pelestarian air di Jabar akan mampu meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya air agar terus dijaga. Sehingga di masa yang akan datang, air di Jabar akan melimpah dan terjaga keasriannya.

loading...

Feeds

Truk menabrak warung di kawasan Cileunyi.

334 Nyawa Melayang Hingga H+2 Lebaran

POJOKBANDUNG.com- OPERASI Ramadniya 2017 tengah digelar pihak kepolisian. Selain mengamankan lebaran, polisi juga memfokuskan penanganan kelancaran  arus lalu lintas baik …
Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …