Generasi Muda Jabar Diminta Berperan Aktif Lestarikan Seni Tradisi, Biar Nggak Diklaim Negara Lain

Murid SDN Mandiri 5 melakukan latihan tari. Foto: Bahi Binyatillah

Murid SDN Mandiri 5 melakukan latihan tari. Foto: Bahi Binyatillah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Generasi muda Jawa Barat diminta aktif melestarikan dan mengembangkan seni tradisi di masing-masing daerahnya.

“Agar negara-negara lain tidak lagi mengklaim seni budaya tradisi daerah kita termasuk seni yang akan dipergelarkan saat ini,” jelas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat Ida Hernida, Kamis (27/4/2017).

Ida menyampaikan hal itu saat membuka Pergelaran Seni Pertunjukkan Lakon “Bagaspati Gugur” di Gedung Kesenian Rumentang Siang, Jalan Baranang Siang, Bandung, Kamis (27/4/2017).

Baca Juga:

Festival Kesenian Jabar Harus Berkesinambungan

Wuiih..Biaya Desain Gedung Kesenian Pemprov Jabar Rp 20 M

Ia mengatakan, agar seni budaya dan tradisi tetap lestari, diperlukan regenerasi yang akan meneruskan pelestarian seni budaya daerah, khususnya bagi para pelajar tingkat TK hingga perguruan tinggi.

Ida menuturkan provinsi Jawa Barat kaya akan seni dan budaya daerah, yang tersebar di 27 Kab/Kota. Namun, seni budaya tersebut saat ini kondisinya memprihatinkan, tidak sedikit akan punah bahkan telah punah.

“Ini merupakan tugas kita semua, bukan hanya pemerintah semata,” katanya.

Ia menjelaskan, kondisi tersebut tidak terlepas dari perkembangan sebuah peradaban ke arah modernisasi yang serba otomatis. Hal ini dikhawatirkan berimbas pada seni budaya tradisi yang ada di daerah-daerah di Jawa Barat.

loading...

Feeds