Basarnas Bandung Latih Wartawan Soal Water Rescue

Foto: Atep

Foto: Atep

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekitar 40 orang jurnalis mengikuti Water Rescue atau penyelamatan korban di air, bersama Badan SAR Nasional Kantor SAR Bandung, Selasa (25/4/2017).

Pelatihan diadakan di kolam renang Purnama Kencana, Cicalengka Kabupaten Bandung.

Kepala Kantor SAR Bandung, S. Riyadi mengatakan, pemberian materi ini sangat penting untuk para pencari berita, mengingat ketika melakukan tugas jurnalistik di lokasi bencana, para jurnalis memiliki risiko besar jika tidak dibekali pengetahuan cara menyelamatkan diri termasuk menolong orang lain.

“Paling tidak mengetahui dasar-dasar penyelamatan diri atau penyelamatan orang lain. Pengetahuan ini tentu akan sangat berguna bagi para jurnalis untuk keselamatan mereka juga di lapangan,” kata Riyadi di sela kegiatan.

Sebelum praktek pertolongan korban, para jurnalis dari berbagai media terlebih dahulu mendapat paparan mengenai prosedur penyelamatan korban di air. Dalam paparan ini ditekankan, orang yang tidak mampu berenang pun bisa menolong korban yang terjebak atau tenggelam di air dengan teknik tertentu.

Riyadi mengatakan, berbagi pengetahuan prosedur penyelamatan di lokasi bencana bersama jurnalis tidak akan digelar hanya sekali ini saja. Ia berharap, setidaknya setiap tahun bisa digelar secara rutin. “Mudah-mudahan setiap tahun ada, tapi materinya berbeda,” katanya.

Untuk pelatihan kali ini, materi Water Rescue dipilih karena air merupakan kondisi yang paling berisiko tinggi bagi keselamatan. Sedangkan ancaman banjir di Jawa Barat, terutama di Bandung merupakan yang paling tinggi dibanding bencana lainnya. “Ancaman bencana tertinggi di Jawa Barat itu banjir, setelah itu longsor,” katanya.

Materi teknik pertolongan korban di air yang diberikan yakni Reach yakni menjangkau korban dengan tangan, Throw menolong korban dengan melempar ring buoy atau pelampung, Row menolong korban dengan perahu, Go mendekati korban dengan berenang, Throw and Carry teknik mendekati, menarik dan membawa korban.

(atp/pojokbandung)

loading...

Feeds

Bye Bye… CDMA…

PT Smartfren Telecom Tbk mengajak pelanggannya untuk beralih ke 4G LTE Advanced.