Ini Misi Facebook, Menulis Status tanpa Mengetik, Langsung Tertuang dari Pikiran

POJOKBANDUNG.com- ACAPKALI kita ingin menuangkan ide yang ada di kepala ke dalam tulisan atau status di Facebook, tapi urung terlaksana karena satu dan lain hal.

Nah, ada kabar baik, Facebook sedang mewujudkan teknologi yang memungkinkan Anda menulis kata-kata langsung dari otak Anda dan ”mendengar” melalui kulit Anda.

Proyek prestisius itu mulai dikerjakan oleh Facebook. Mereka membentuk tim yang terdiri atas 60 ilmuan dan insinyur yang tergabung dalam Building 8. Itu adalah divisi misterius Facebook untuk perangkat keras yang sedang mereka susun.

BACA JUGA:

Facebook Bikin Kamu Kesepian dan Terkucil, Menurut Penelitian

Bahaya! Jangan Sering Posting Rumah dan Anak di Facebook

”Bagaimana juga Anda bisa mengetik langsung dari otak Anda? Terdengar tidak mungkin bukan? Tetapi, itu lebih nyata daripada yang ada pikir,” kata Regina Dugan.

Berbicara di konfrensi F8 Facebook, di San Jose, California, AS, Dugan adalah mantan eksekutif DARPA, Motorola, dan Google yang Facebook rekrut untuk memimpin Building 8 tahun lalu.

Kata Dugan, otak manusia mampu melakukan fungsi streaming setara dengan 40 film HD setiap detik. ”Dari sekian banyak itu, kita hanya membaginya sedikit untuk diucapkan,” ungkapnya.

Dia dan timnya sedang bekerja keras untuk teknologi baru yang secara esensial mampu membaca pikiran dengan menggunakan sensor dan gambar optik. Kemudian, semua itu diterjemahkan menjadi kata-kata.

Sudah banyak contoh teknologi seperti ini sebelumnya. Namun, itu terlalu lambat dan butuh implan yang dipasang di otak. Dalam konferensi tersebut, Facebook menunjukkan video seorang perempuan dengan bantuan implan mampu mengetik delapan kata semenit tanpa menggerakkan tangannya.

loading...

Feeds