Hati-hati Beli Obat dan Kosmetik di Bandung!

BPOM saat ekspose pengungkapan kasus temuan sepanjang tahun 2017. (Asep Rahmat)

BPOM saat ekspose pengungkapan kasus temuan sepanjang tahun 2017. (Asep Rahmat)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) di Bandung menyita 727 jenis obat dan makanan ilegal, baik berizin edar maupun tidak berizin.

Dari 727 barang sitaan terdiri dari 321 jenis obat ilegal, 215 jenis kosmetik ilegal, 141 jenis obat tradisional ilegal dan 50 jenis pangan ilegal dengan nominal mencapai Rp735.706.470.

BACA JUGA:

BPOM Temukan 727 Obat dan Makanan Ilegal Senilai Rp735 Juta

Produk Ilegal Senilai Rp 12,6 M Dimusnahkan BPOM

“Ini hasil pengawasan dalam rentan waktu awal Januari – 14 April 2017,” ujar Kepala BPOM, Penny K. Lukito, Jumat (21/4).

Penny menyebut, hasil pengungkapan barang ilegal itu setidaknya tersebar di beberapa daerah. Misalnya, obat tradisional ilegal banyak ditemukan di Kab Sukabumi, Cianjur dan Karawang. Sementara produk kosmetik banyak ditemukan di Kota Bandung.“Lebih berhati-hati saja, apalagi di kawasan kota seperti Bandung,” tuturnya.

Penny mengatakan, di Bandung selama 2017 BBPOM telah mengungkap dan melakukan penyidikan terhadap tiga kasus pelanggaran terdiri dari dua kasus pelanggaran di bidang pangan dan satu kasus pelanggaran di bidang kesehatan.

“Kasus dibidang pangan seperti makanan kadaluarsa dikemas kembali sedangkan kasus dibidang kesehatan yaitu  produksi dan mengedarkan sediaan farmasi berupa kosmetik tidak memiliki izin edar,” paparnya.

loading...

Feeds

Truk menabrak warung di kawasan Cileunyi.

334 Nyawa Melayang Hingga H+2 Lebaran

POJOKBANDUNG.com- OPERASI Ramadniya 2017 tengah digelar pihak kepolisian. Selain mengamankan lebaran, polisi juga memfokuskan penanganan kelancaran  arus lalu lintas baik …
nagreg

H+3, Arus Balik di Nagreg Masih Normal

POJOKBANDUNG.com, NAGREG- Memasuki H+4 lebaran tahun ini, arus balik di jalur selatan antara Malangbong (Garut)-Nagreg (Bandung) terpantau lancar. Hanya di …