Pemkab Bandung Barat Segera Beresi Kolam Jaring Apung Ilegal di Waduk Cirata

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemkab Bandung Barat mengakui banyak kolam jaring apung (KJA) ilegal di Waduk Cirata. Untuk itu, pemerintah setempat bakal menggandeng Provinsi Jawa Barat untuk menuntaskan persoalan itu.

Sebab di sisi lain, keberadaan KJA ini juga andalan KBB dalam menghasilkan ikan air tawar. Total produksi ikan air tawar dari Cirata sekitar 70 ton perhari. Sebanyak 60 persen produksi ikan KBB dipasarkan ke Jakarta. Sisanya, ke berbagai daerah termasuk Jawa Barat.

BACA JUGA:

Waduk Saguling ‘Kritis’, Tumpahan Ribuan Liter Oli Belum Tertangani

Wow, Atlet KBB Peraih Medali Emas di PON Jabar Dapat Bonus Rp30 Juta

Luas Waduk Cirata meliputi KBB, Purwakarta dan Cianjur yaitu 6.200 hektare. Berdasarkan data dari Dinas Peternakan dan Perikanan KBB, jumlah KJA di Waduk Cirata yang masuk KBB mencapai 31.000 KJA. Sebagian besar KJA ilegal alias tidak berizin.

Kabid Perikanan Dinas Peternakan dan Perikanan KBB Chandra Suwarna menyebut, lonjakan jumlah KJA di Waduk Cirata terjadi sejak tahun 2000 hingga 2016. Bahkan, semua KJA Waduk Cirata di Kecamatan Cipeundeuy itu tidak berizin.

“Memang sudah lama berdiri KJA tersebut. Tapi, saat ini makin melebihi kapasitas. Sedikit saja yang berizin, itu pun tidak diperpanjang. Sebab sejak 2013, tidak ada lagi izin yang dikeluarkan oleh provinsi,” ujarnya belum lama ini.

‪Menurut dia, pesatnya pertumbuhan KJA di waduk Cirata berjumlah 1.900 pemilik. Aturan mengenai pembuatan KJA tercantum dalam Perda No 7 Tahun 2011 tentang Pengelolaan Perikanan.

Aturan itu di antaranya menyebutkan, luas petak KJA yakni 7×7 meter persegi dengan ke dalaman 4 meter. Aturan tersrbut juga menyebutkan, 1 pemilik maksimal bisa membangun sampai 20 petak.

“Namun kenyataannya, satu pemilik bisa memiliki hingga ratusan petak. Bahkan, banyak yang berdiri tanpa ijin dan tidak bisa kami pantau,” ujarnya.

loading...

Feeds

Kian Patuh Sambil Makan Bakso Puyuh

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI–Puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di wilayah Pelabuhan Ratu mengikuti diskusi bertajuk “Peran UKM Untuk Negeri” di …

Bangun Ekonomi Rakyat, DPD Sosialisasi LPDB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Peran Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sangat strategis untuk membantu pengembangan ekonomi kerakyatan …

Pemkot Cimahi Segera Lakukan Rotasi

Rotasi dan Mutasi pejabat esselon di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan karena, kebutuhan organisasi.

Perda Kepemudaan Harus Diimplementasikan

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di kalangan pemuda, Pemerintah Kota Cimahi sebaiknya mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.

Pilgub, Peran Ulama-Ponpes Strategis

Pesantren tidak hanya sebagai tempat kaderisasi pembinaan, pencerahan para santri dalam melahirkan generasi muda Indonesia, tapi juga terdepan dalam perang …