Mengapa Bayi Baru Lahir Harus Dibedong? Ini Alasannya

Ilustrasi (ist)

Ilustrasi (ist)

POJOKBANDUNG.com- BAGI pasangan suami istri yang sedang menantikan kelahiran anak pertama tentunya akan dihadapi dengan hal-hal baru, di antaranya swaddling atau cara merawat bayi dengan teknik bedong.

Anda mungkin pernah bertanya apa sih manfaat dari menyelimuti bayi dengan cara dibedong. Well, membedong bayi sendiri sudah diajarkan dari orang-orang tua jauh sebelum kita dan hal tersebut bukanlah tanpa alasan.

BACA JUGA:

Unik, Ramal Usia Lewat Garis Dahi, Percaya?

Awas! Depresi Tidak Mengenal Usia, Begini Penjelasannya…

Berikut beberapa manfaat teknik bedong bagi bayi seperti diambil dari laman Nest Bead yang harus Anda ketahui:

  1. Memberikan perasaan nyaman

Sebelum akhirnya melihat dunia, bayi yang baru lahir menghabiskan 9 bulan lamanya di dalam perut sang ibu. Teknik swaddling ini memberikan rasa nyaman seolah mereka masih berada di dalam rahim sang ibu.

  1. Membantu bayi lebih tenang

Untuk membantu bayi tidur lebih nyenyak, teknik bedong adalah salah satu solusinya. Jika bayi Anda menolak untuk dibedong, cukup selimuti bagian badan dengan posisi tangan di luar.

  1. Mengatur suhu

Bayi yang baru lahir perlu membiasakan diri dengan suhu di luar perut ibu. Dengan membedong, bayi akan merasa lebih hangat sembari belajar menyesuaikan diri dengan suhu sekitarnya.

  1. Menghindari resiko sindrom bayi mati mendadak

Dengan dibedong, posisi tidur bayi secara konstan akan berada pada posisi terlentang dan menjauhkannya dari posisi tidur yang berpotensi mengancam nyawa.

Perlu diingatkan, bahwa membedong bayi tidak bisa selamanya Anda lakukan. Ketika bayi Anda sudah mampu membalikan tubuhnya sendiri, ini adalah waktu dimana Anda harus berhenti membedongnya.

(ruf/fajar/pojokbandung)

 

loading...

Feeds

Tegangnya Palagan Ambarawa di Cimahi

Pertumpahan darah pun tersaji setelah para sekutu menyerang dalam perang Palagan Ambarawa. Para pejuang maupun sekutu banyak yang tewas tergeletak …