Mengapa Bayi Baru Lahir Harus Dibedong? Ini Alasannya

Ilustrasi (ist)

Ilustrasi (ist)

POJOKBANDUNG.com- BAGI pasangan suami istri yang sedang menantikan kelahiran anak pertama tentunya akan dihadapi dengan hal-hal baru, di antaranya swaddling atau cara merawat bayi dengan teknik bedong.

Anda mungkin pernah bertanya apa sih manfaat dari menyelimuti bayi dengan cara dibedong. Well, membedong bayi sendiri sudah diajarkan dari orang-orang tua jauh sebelum kita dan hal tersebut bukanlah tanpa alasan.

BACA JUGA:

Unik, Ramal Usia Lewat Garis Dahi, Percaya?

Awas! Depresi Tidak Mengenal Usia, Begini Penjelasannya…

Berikut beberapa manfaat teknik bedong bagi bayi seperti diambil dari laman Nest Bead yang harus Anda ketahui:

  1. Memberikan perasaan nyaman

Sebelum akhirnya melihat dunia, bayi yang baru lahir menghabiskan 9 bulan lamanya di dalam perut sang ibu. Teknik swaddling ini memberikan rasa nyaman seolah mereka masih berada di dalam rahim sang ibu.

  1. Membantu bayi lebih tenang

Untuk membantu bayi tidur lebih nyenyak, teknik bedong adalah salah satu solusinya. Jika bayi Anda menolak untuk dibedong, cukup selimuti bagian badan dengan posisi tangan di luar.

  1. Mengatur suhu

Bayi yang baru lahir perlu membiasakan diri dengan suhu di luar perut ibu. Dengan membedong, bayi akan merasa lebih hangat sembari belajar menyesuaikan diri dengan suhu sekitarnya.

  1. Menghindari resiko sindrom bayi mati mendadak

Dengan dibedong, posisi tidur bayi secara konstan akan berada pada posisi terlentang dan menjauhkannya dari posisi tidur yang berpotensi mengancam nyawa.

Perlu diingatkan, bahwa membedong bayi tidak bisa selamanya Anda lakukan. Ketika bayi Anda sudah mampu membalikan tubuhnya sendiri, ini adalah waktu dimana Anda harus berhenti membedongnya.

(ruf/fajar/pojokbandung)

 

loading...

Feeds

Kian Patuh Sambil Makan Bakso Puyuh

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI–Puluhan pelaku Usaha Kecil dan Menegah (UKM) di wilayah Pelabuhan Ratu mengikuti diskusi bertajuk “Peran UKM Untuk Negeri” di …

Bangun Ekonomi Rakyat, DPD Sosialisasi LPDB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Peran Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi, Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) sangat strategis untuk membantu pengembangan ekonomi kerakyatan …

Pemkot Cimahi Segera Lakukan Rotasi

Rotasi dan Mutasi pejabat esselon di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan karena, kebutuhan organisasi.

Perda Kepemudaan Harus Diimplementasikan

Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya di kalangan pemuda, Pemerintah Kota Cimahi sebaiknya mengimplementasikan Peraturan Daerah (Perda) Kepemudaan.

Pilgub, Peran Ulama-Ponpes Strategis

Pesantren tidak hanya sebagai tempat kaderisasi pembinaan, pencerahan para santri dalam melahirkan generasi muda Indonesia, tapi juga terdepan dalam perang …