Temukan Keanehan pada Daging di Pasar? Laporkan ke DPP Bandung

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Masyarakat yang mendapati kualitas hasil ternak segar yang tidak baik di supermarket atau pasar tradisional, dipersilahkan menghubungi Dinas Pangan dan Pertanian (DPP) Kota Bandung Jalan Arjuna No 45 Bandung.

“Untuk pengaduan, jangan lupa membawa bukti fisik baik dagingnya, dan bukti pembeliannya,” ujar ‎Kepala Seksi Keamanan Pangan Hasil Peternakan, DPP Kota Bandung Ermariah, baru-baru ini.

DPP Kota Bandung sendiri, sekarang punya inovasi Mini Lab Food Security. Fungsinya, ‎pengujian dan pemeriksaan pangan segar yang di jual atau di edarkan di pasar tradisional maupun pasar modern dan distributor/agen.

“‎Saat ini keamanan pangan adalah hal yang sangat penting untuk dijaga dan diketahui. Selain itu pangan pun penting untuk dilakukan pengawasan maupun pemeriksaan. Hal tersebut dilakukan karena di pasaran bahan pangan yang siap diedarkan banyak yang dipalsukan atau ditambahkan dengan zat kimia yang berbahaya,” papar Erma.‎‎

Mini lab merupakan tempat pemeriksaan, percobaan dan pelatihan dengan mempergunakan peralatan dan bahan kimia. Tujuannya, untuk menguji keamanan pangan segar seperti daging, susu, telur, beras, ikan, sayuran dan buah-buahan secara sederhana dan cepat.

Program Saber Pungli, Pemkot Bandung Revolusi Mental di SKPD

Pemkot Bandung Target Warga Miliki E-KTP sebelum Pilkada 2018

“Jadi tidak berpikir lab yang besar dengan macam-macam pemeriksaan, tapi hanya diperiksa dengan uji cepat. Repites, jadi diharapkan ada pemisahan atau bisa dibilang screening test. Screening test itu pemisahan yang positif dan negatif, mana yang mengandung bahan kimia dan mana yang tidak,”ujarnya.

Ditambahkan Ermariah, pada 2016 program ini sudah mulai diluncurkan dan sudah tersedia ada 6 mini lab food security yang ada di 6 pasar modern. Antara lain, di Yogya group, Hypermart, Superindo dago, Setiabudi supermarket, Carrefour PVJ, di Lottemart Soekarno Hatta dan Giant Pasteur Hyperpoint.

Tambahnya, pada tahun ini juga akan dilakukan penyediaan dua mini lab di pasar modern yaitu di Borma Setiabudi dan Hypermart MTC. Selain itu kami akan menyediakan mini lab di 33 pasar tradisional di kota Bandung. 

loading...

Feeds

Ketua Umum PBNU, Said Aqil Siradj (Dok.JawaPos)

NU Kutuk Pemerintah Israel  

Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Said Aqil Siradj, mengutuk penguasaan kawasan Masjid Al Aqsa oleh pemerintah Israel.