Seabad Ponpes Cintawana, Seni Bisa Menjadi Media Dakwah Efektif

POJOKBANDUNG.com, KAB TASIKMALAYA- Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar (Demiz) hadir pada acara Milad Satu Abad Pondok Pesantren (Ponpes) Cintawana di Komplek Ponpes Cintawana, Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Sabtu (15/4/17). Acara milad ini dibalut dalam sebuah seminar Seni dan Dakwah membedah seni sebagai salah satu media untuk berdakwah.

Media yang digali melalui acara seminar ini fokus pada pembahasan media seni sastra dan film. Untuk itu, selain Demiz hadir pula penulis novel terlaris Ayat-Ayat Cinta dan Ketika Cinta Bertasbih, Habiburrahman El Shirazy.

Dalam pengantarnya, Demiz menjelaskan bahwa saat ini banyak media bisa dimanfaatkan untuk berdakwah, menyebarkan ajaran serta risalah-risalah Islam. Bahkan dinilainya, media ini bisa menjadi lebih efektif merasuki setiap relung hati dan pikiran penerimanya.

Salah satunya adalah media seni. Seni baik sastra atau film menjadi media dakwah sudah sejak lama. Media ini banyak dimanfaatkan oleh para kiyai atau ulama nasional. Saat ini, lebih efektif lagi media dakwah melalui seni bisa disebarluaskan dengan mudah melalui gawai (gadget) dan jaringan internet (medsos), sehingga bisa memasuki ruang privasi kita.

“Banyak media yang bisa kita lakukan untuk berdakwah, termasuk seni. Seni adalah medium untuk berdakwah, bisa dimanfaatkan untuk yang baik atau bahkan yang tidak baik sekalipun. Seni bisa dijadikan medium yang dampaknya luar biasa,” kata Demiz di hadapan ratusan santri.

Salah satu media seni yang bisa memberikan dampak efektif yaitu film. Demiz menjelaskan film seperti “sihir”, dalam satu detik bisa menggerakan 25 frame, namun bisa membuat penontonnya emosional (menangis atau tertawa).

“Film khususnya sihir dalam tanda petik. Seni ini hanya medium saja untuk menyampaikan apakah itu untuk berdakwah atau sebaliknya,” ungkap Demiz.

Hal lainnya yaitu mengenai seni dalam bidang sastra. Melalui sebuah tulisan, dakwah akan tersampaikan melalui kata yang akan menjelaskan sebuah makna atau substansi. Berbagai jenis seni sastra bisa menjadi medium dakwah, seperti sastra untuk puisi dan buku novel.

loading...

Feeds

Raphael Maitimo melakukan selebrasi gol. (Riana Setiawan)

Persib Bandung Terus Dihantui Masalah

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Persib Bandung terus dihantui masalah. Selain gagal mendulang kemenangan pada dua pertandingan awalnya di pentas Liga 1 2017, …
gempa tasik2

Gempa Tasik, Warga Berhamburan Keluar Rumah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter terjadi di Tasikmalaya, Senin (24/4/2017) pukul 01.01 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, …
Hujan badai di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

Hujan Badai Kembali Terjang Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Prediksi BMKG seputar belum akan meredanya fenomena hujan disertai angin kencang dan butiran es di Kota Bandung terbukti. …
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos dan pelatih Madrid Zinedine Zidane. Foto AFP

El Clasico… Madrid Cari Aman?

POJOKBANDUNG.com, MADRID – La Liga memang masih menyisakan enam jornada lagi. Laga pemungkas baru berlangsung 21 Mei mendatang. Akan tetapi, …