Masyarakat Miskin di KBB Bakal Didata Ulang

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Jumlah warga miskin di Kab Bandung Barat akan kembali didata Mei 2017 mendatang. Pendataan ulang dilakukan untuk mengetahui perubahan jumlah warga yang tergolong prakeluarga sejahtera, keluarga sejahtera 1 dan keluarga sejahtera.

Kabid Advokasi dan Informasi pada Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Anak KBB , Evi Saefiyani mengungkapkan, setiap tahun pendataan terus dilakukan. Dengan demikian, akan terlihat angka penurunan dan penambahan warga miskin setiap tahunnya.

BACA JUGA:

Survei Pilkada KBB 2018: Siapa Calon Terkuatnya?

Kabar Baik, Pencetakan E-KTP 52.228 Warga KBB Segera Dilakukan

“Harapan kami, ketika tahun lalu keluarga tersebut masuk kategori Pra KS, ketika diupdate tahun ini meningkatkan menjadi KS I atau KS. Dengan demikian, warga miskin terus menurun,” klaimnya, Minggu (16/4).

Hasil pembaharuan data pra-KS bisa menjadi rujukan bagi dinas lainnya seperti Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk menyalurkan bantuan bagi keluarga yang kurang mampu tersebut. Sejauh ini, dinas-dinas tersebut merujuk ke data Badan Pusat Statistik, tetapi data dari DP2KBP2A juga bisa digunakan.

Adapun data terakhir tahun 2016, jumlah keluarga pra-KS tertinggi berada di Kecamatan Cililin yang mencapai 6.887 keluarga dari total 28.261 keluarga. Sementara itu, jumlah pra-KS terendah berada di Kecamatan Ngamprah, yakni 1.680 keluarga dari 47.398 keluarga di Ngamprah.

(bie)

 

loading...

Feeds