Jembatan Cipamingkis yang Patah Tidak Bisa Diperbaiki

Pilar Jembatan Cipamingkis ambles akibat tergerusnya sedimen badan sungai.

Pilar Jembatan Cipamingkis ambles akibat tergerusnya sedimen badan sungai.

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Jembatan Cipamingkis di Jalan Transyogi Cibubur-Cianjur, Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, ambruk Kamis (13/4) malam sekitar pukul 23.00 WIB.

Jalur penghubung Jonggol dan Cariu di Kampung Jagaita RT 3/2, Jonggol itu tak bisa lagi dilalui kendaraan.

Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian PUPR Endra S Atmawidjaja menjelaskan, ambruknya jembatan tersebut terjadi karena struktur bawah jembatan terganggu.

”Di bawah jembatan itu ada sungai yang tanahnya digali secara besar-besaran. Jadi ada pengambilan sedimen badan sungai sehingga terjadi scouring alias penggerusan di struktur jembatan,” katanya Jumát (14/04/2017).

BACA JUGA:

Pilar Jembatan Cipamingkis Patah, Ini Langkah Perbaikan Pemprov

Jembatan di Jalan Transyogi Cibubur-Cianjur Patah, Ini Foto-fotonya…

Menurut Endra, kasus yang dialami Jembatan Cipamingkis ini sampa seperti yang dialami Jembatan Cisomang di ruas tol Purbaleunyi. Struktur bawah jembatan yang tergerus membuat jembatan jadi rentan sekali bergeser.

Beban kendaraan yang melewati jembatan tersebut memperparah kondisi jembatan itu. ”Tim kami sedang berada di sana untuk melakukan pengecekan. Dugaan kami seperti itu. adanya penggerusan dan beban kendaraan,” terangnya.

Dengan kondisi jembatan yang patah dan tidak bisa dilalui kendaraan, Endra memastikan bahwa jembatan tersebut sudah tidak bisa lagi diperbaiki.

Melainkan harus diganti dengan jembatan baru. Untuk siapa yang nantinya akan bertanggung jawab membangun jembatan baru, Endra masih harus menunggu laporan tim di lapangan.

loading...

Feeds

Ekspresi Valentino Rossi di atas podium MotoGP Spanyol. Foto: AFP

Manfaatkan Sirkuit Assen, Rossi!

POJOKBANDUNG.com, ASSEN – Rider Movistar Yamaha, Valentino Rossi menyambut balapan seri ke-8; MotoGP Belanda di Assen, Minggu (25/6) malam dengan …