Ini Program Unggulan Jawa Barat untuk Mengatasi Kekerasan Seksual

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan

 

POJOKBANDUNG.com – Tren kekerasan seksual pada anak meningkat hampir di seluruh pelosok di Indonesia, termasuk di Jawa Barat.

Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Provinsi Jawa Barat, Netty Heryawan mengatakan penyebab kekerasan dapat diibaratkan seperti pohon kekerasan.

Tercatat 76 Kasus Kekerasan Anak di Kabupaten Bandung

Harus Segera Ditangi Kekerasan Anak Terus Sajah Marak

“Akar dari kekerasan yaitu kemiskinan mulai dari miskin materi, pendidikan dan nilai agama,” katanya, Rabu (11/4/17).

“Maka munculah faktor pendukungnya melalui pernikahan dini, disharmoni dan kesalahan pola pengasuhan anak. Terakhir faktor pemicunya dengan mengonsumsi miras dan terpaparnya pornografi.”

Ia mengatakan hal itu dalam Rapat Koordinasi Teknis Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Untuk Percepatan Pelaksanaan Three Ends di Daerah di Ballroom Harmoni One Hotel Batam Kepulauan Riau.

Di Jawa Barat, P2TP2A Provinsi Jawa Barat telah menganani 1249 kasus mulai dari kekerasan (rumah tangga, KDP, seksual) dan human trafiking dari 2010 hingga Desember 2016.

Jika dilihat dari data milik P2TP2A Provinsi Jawa Barat kekerasan seksual khususnya pada anak mengalami peningkatan dibandingkan human trafiking yang telah mengalami penurunan.

“Oleh karena itu melalui political will Gubernur Jawa Barat dan jajarannya, Jawa Barat mempunyai program unggulan dalam upaya menurunkan kekerasan yaitu Jabar Tolak Kekerasan yang dicanangkan pada 16 Juli 2016. Tentunya memayungi program dan kegiatan yang ada di perangkat daerah pada setiap Dinas dan Badan,” tutur Netty.

loading...

Feeds

Gubernur Jabar Raih Paramakarya 2017

Gubernur Jawa Barat mendapatkan Penghargaan Produktivitas Paramakarya dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia karena dinilai telah sukses memberikan dukungan dan pembinaan …