Metro Kapsul Mejeng di Alun-alun Bandung

Prototipe Metro Kapsul mejeng di Alun-alun Kota Bandung, Jalan Asia Afrika, Rabu (5/4). Foto: Riana Setiawan

Prototipe Metro Kapsul mejeng di Alun-alun Kota Bandung, Jalan Asia Afrika, Rabu (5/4). Foto: Riana Setiawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Untuk pertama kalinya, prototipe atau sample Light Rail Transit (LRT) Bandung type Metro Kapsul dipamerkan di Alun-alun Bandung oleh Pemkot Bandung.

Metro Kapsul rencananya akan rampung di tahun 2018, dengan teknis pembangunan dibagi ke dalam dua tahap.

“Sengaja saya pajang dulu prototipenya untuk uji publik,” ungkap Walikota Bandung, Ridwan Kamil di Pendopo, Rabu (5/4).

Ridwan Kamil mengungkapkan, uji publik Metro Kapsul bertujuan menjaring saran ihwal dari warga rencana pembangunan proyek moda transportasi umum itu.

Misalnya, masukan soal tampilan kereta sehingga saat progres pengerjaan sudah sesuai dengan keinginan publik. “Mudah-mudahan ada feedbacknya, kan ini fasilitas publik,” jelasnya.

Ia menyebut, jika tidak ada halangan bulan ini proyek pengerjaan ground breaking untuk Metro Kapsul sudah bisa dikerjakan. “Perizinan ground breaking sudah dimulai, tinggal dilaksanakan,” jelasnya.

Seperti diketahui, poyek percontohan LRT Metro Kapsul menelan anggaran Rp 1 triliun dari Kementerian Perhubungan, PT Pembangunan Perumahan (PP) Infrastruktur selaku pelaksana proyek, Pemprov Jabar dan Pemkot.

Dalam perencanaannya, LRT Metro Kapsul  dibangun sepanjang 6 kilometer dengan dua tahap. Tahap pertama, dibangun lintasan sejauh 3 kilometer dari Stasiun Bandung menuju Dalem Kaum.

Tahap kedua, lintasan 3 kilometer dikonstruksi hingga ke Tegallega dan kembali ke Stasiun Bandung. Pembangunan rel akan dilaksanakan di atas jalan setinggi minimal 7 meter dan maksimal 10 meter.

(arh/mur)

 

loading...

Feeds