Ribuan Liter Oli Tumpah Cemari Saguling, Ini Penjelasan PT CGNP

Waduk Saguling (ist)

Waduk Saguling (ist)

POJOKBANDUNG.com, SAGULING – Sekitar 5.000 liter oli dari mesin steam boiler (ketel uap) PT Central Georgette Nusantara Printing (CGNP) pecah dan tumpah mencemari wilayah genangan Waduk Saguling di Kampung Cibingbin, RT 1 RW 4, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kab Bandung Barat.

Sebelum mengalir ke perairan Saguling, oli turut merendam dua hektare lahan pertanian.

Kepala Bagian Personalia dan Umum PT CGNP Dwi Wahyudi mengatakan, perusahaan menangani oli di genangan Saguling sejak kejadian.

Dari kapasitas mesin steam boiler sebanyak 5.000 liter oli, dia menyebut sudah empat truk berisikan masing-masing 14 drum oli yang diangkut.

“Diangkut pakai dumptruck. Jadi oli dan sampah di Saguling diangkut pakai karung, dimasukkan ke drum, baru dibawa pakai truk. Ada kesulitan dalam membersihkannya karena ada banyak sampahnya juga. Medannya juga curam begini, jadi kami menanganinya pakai jaring. Kami tarik ke atas pakai karung. Kan memang sulit,” katanya.

Dia mengaku, mesin steam boiler yang pecah tersebut merupakan kejadian yang kedua kalinya. Beberapa waktu lalu, keran boiler yang bocor juga pernah menimbulkan tumpahan oli.

“Kebetulan kemarin itu hujan deras, kejadiannya sekitar jam 22.00. Karena hujan semalam suntuk, jadi olinya meluap ke saluran air,” katanya.

Wahyu menekankan, perusahaan siap bertanggung jawab secara sosial maupun lingkungan atas tumpahan oli tersebut. Saat ini perusahaan sedang mengkalkulasikan dan memusyawarahkan bentuk pertanggungjawabannya.

“Dari awal sudah kami nyatakan kepada masyarakat, bahwa kami akan bertanggung jawab. Jadi akan ada penggantian,” ujarnya.

(bie)

 

loading...

Feeds

nagreg

H+3, Arus Balik di Nagreg Masih Normal

POJOKBANDUNG.com, NAGREG- Memasuki H+4 lebaran tahun ini, arus balik di jalur selatan antara Malangbong (Garut)-Nagreg (Bandung) terpantau lancar. Hanya di …
Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …