Ribuan Liter Oli Tumpah Cemari Saguling, Ini Penjelasan PT CGNP

Waduk Saguling (ist)

Waduk Saguling (ist)

POJOKBANDUNG.com, SAGULING – Sekitar 5.000 liter oli dari mesin steam boiler (ketel uap) PT Central Georgette Nusantara Printing (CGNP) pecah dan tumpah mencemari wilayah genangan Waduk Saguling di Kampung Cibingbin, RT 1 RW 4, Desa Laksanamekar, Kecamatan Padalarang, Kab Bandung Barat.

Sebelum mengalir ke perairan Saguling, oli turut merendam dua hektare lahan pertanian.

Kepala Bagian Personalia dan Umum PT CGNP Dwi Wahyudi mengatakan, perusahaan menangani oli di genangan Saguling sejak kejadian.

Dari kapasitas mesin steam boiler sebanyak 5.000 liter oli, dia menyebut sudah empat truk berisikan masing-masing 14 drum oli yang diangkut.

“Diangkut pakai dumptruck. Jadi oli dan sampah di Saguling diangkut pakai karung, dimasukkan ke drum, baru dibawa pakai truk. Ada kesulitan dalam membersihkannya karena ada banyak sampahnya juga. Medannya juga curam begini, jadi kami menanganinya pakai jaring. Kami tarik ke atas pakai karung. Kan memang sulit,” katanya.

Dia mengaku, mesin steam boiler yang pecah tersebut merupakan kejadian yang kedua kalinya. Beberapa waktu lalu, keran boiler yang bocor juga pernah menimbulkan tumpahan oli.

“Kebetulan kemarin itu hujan deras, kejadiannya sekitar jam 22.00. Karena hujan semalam suntuk, jadi olinya meluap ke saluran air,” katanya.

Wahyu menekankan, perusahaan siap bertanggung jawab secara sosial maupun lingkungan atas tumpahan oli tersebut. Saat ini perusahaan sedang mengkalkulasikan dan memusyawarahkan bentuk pertanggungjawabannya.

“Dari awal sudah kami nyatakan kepada masyarakat, bahwa kami akan bertanggung jawab. Jadi akan ada penggantian,” ujarnya.

(bie)

 

loading...

Feeds

Raphael Maitimo melakukan selebrasi gol. (Riana Setiawan)

Persib Bandung Terus Dihantui Masalah

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Persib Bandung terus dihantui masalah. Selain gagal mendulang kemenangan pada dua pertandingan awalnya di pentas Liga 1 2017, …
gempa tasik2

Gempa Tasik, Warga Berhamburan Keluar Rumah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter terjadi di Tasikmalaya, Senin (24/4/2017) pukul 01.01 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, …
Hujan badai di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

Hujan Badai Kembali Terjang Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Prediksi BMKG seputar belum akan meredanya fenomena hujan disertai angin kencang dan butiran es di Kota Bandung terbukti. …
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos dan pelatih Madrid Zinedine Zidane. Foto AFP

El Clasico… Madrid Cari Aman?

POJOKBANDUNG.com, MADRID – La Liga memang masih menyisakan enam jornada lagi. Laga pemungkas baru berlangsung 21 Mei mendatang. Akan tetapi, …