Duh, Potensi Wisata di KBB Belum Dilirik Wisatawan

Situ Ciburuy

Situ Ciburuy

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kab Bandung Barat perlu lebih menggenjot pendapatan asli daerah (PAD) dari tiga objek wisata milik Pemkab.

Sebab, kontribusi dari ketiga objek wisata itu dianggap masih minim. Situ Ciburuy hanya menyumbang Rp20 juta/tahun, sementara Curug Malela yang disejajarkan keindahannya dengan Air Terjun Niagara hanya Rp5 juta/tahun, dan Gua Pawon Rp 5 juta/tahun.

Kadisbudpar Kab Bandung Barat Rahmat Safei mengakui, objek wisata milik Pemkab sebenarnya punya potensi besar menyumbangkan PAD. Hanya saja masyarakat belum banyak tahu keberadaan ketiga objek wisata itu.

“Makanya ini tugas kami juga untuk terus mempromosikan wisata di Kabupaten Bandung Barat,” ungkapnya.

Ia mengklaim selama pemerintah sudah melakukan upaya promosi. Ia meyakini di tahun mendatang pengunjung akan lebih banyak. “Kalau pendapatan dari objek wisata masih sangat minim. Paling tinggi dari pajak hotel,” sebutnya.

Sementara untuk penyumbang PAD terbesar dari objek wisata, baru Taman Wisata Alam Maribaya. Minimnya PAD dari objek wisata tak terlepas dari buruknya infrastruktur juga sarana dan prasarana jalan yang tak memadai.

“Objek wisata di Kabupaten Bandung Barat tidak semuanya milik Pemkab Bandung Barat tapi kebanyakan milik perorangan, perkebunan, dan Perhutani,” ungkapnya.

Untuk menggenjot pendapatan dari sektor pariwisata ini,  kata dia, diperlukan perbaikan infrastruktur.

“Pesona alam Kabupaten Bandung Bandung memang indah memiliki nilai jual.  Contohnya saja Curug Malela, memiliki  keindahan yang luar biasa namun akses ke sana tidak memadai sehingga berpengaruh terhadap tingkat kunjungan wisatawan,” tuturnya.

(bie)

loading...

Feeds

Raphael Maitimo melakukan selebrasi gol. (Riana Setiawan)

Persib Bandung Terus Dihantui Masalah

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Persib Bandung terus dihantui masalah. Selain gagal mendulang kemenangan pada dua pertandingan awalnya di pentas Liga 1 2017, …
gempa tasik2

Gempa Tasik, Warga Berhamburan Keluar Rumah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter terjadi di Tasikmalaya, Senin (24/4/2017) pukul 01.01 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, …
Hujan badai di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

Hujan Badai Kembali Terjang Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Prediksi BMKG seputar belum akan meredanya fenomena hujan disertai angin kencang dan butiran es di Kota Bandung terbukti. …
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos dan pelatih Madrid Zinedine Zidane. Foto AFP

El Clasico… Madrid Cari Aman?

POJOKBANDUNG.com, MADRID – La Liga memang masih menyisakan enam jornada lagi. Laga pemungkas baru berlangsung 21 Mei mendatang. Akan tetapi, …