Ilmuwan Inggris Teliti Orang Pendek Sumatera, Inikah Penjelasan Mahluk Misterius di Aceh?

Diduga penampakan Suku Mante Aceh

Diduga penampakan Suku Mante Aceh

POJOKBANDUNG,com – Jauh sebelum heboh mahluk kerdil misterius yang diduga Suku Mante viral di media sosial, dalam literatur sudah ada penelitian yang berusaha menelisik keberadaan orang-orang kerdil seperti hobbit di kawasan Sumatera.

Penelitian ini dilaporkan Debbie Martyr di BBC Wildlife pada 1993, kemudian di web.archive.org. Debbie menulis laporannya berjudul The Other Orang.

The Other Orang yang dimaksud adalah sosok ber wajah seorang pria dengan dada seperti gorila. Ia menegaskan, secara resmi Other Orang belum pernah terungkap, namun keberadaannya disebut dari mulut ke mulut orang yang mengaku pernah bertemu.

Disebutkan, mereka hidup di goa-goa pegunungan atau hutan Sumatera Barat. Mereka makan buah, sayuran, dan daging dari hewan buruan. Mereka memilikii bulu, berkaki dua seperti kera kecil.

Warga lokal, khususnya di daerah Taman Nasional Kerinci Seblat, menyebut Other Orang sebagai orang Orang Pendek atau pria pendek.

Debbie Martyr mengungkapkan, ada lusinan saksi yang mengaku melihat makhluk mirip kera kecil, berbulu, di hutan dan ladang. Mereka ‘terlihat’ di kaki bukit gunung berapi aktif Taman Nasional Kerinci Seblat, 3,800 meter di atas permukaan laut.

“Orang Pendek, kata penduduk desa, rata-rata tingginya hanya di bawah satu meter, mereka sangat kuat dengan bahu lebar dan kaki pendek dan ditutupi rambut abu-abu gelap,” tulis Debbie.

Kesaksian melanjutkan, tulis Debbie, bentuk mereka berbeda dengan delapan spesies primata yang ada di hutan Kerinci. Dan wajah mereka seperti pria.

Bahkan jika ditarik lagi ke belakang, ‘penampakan’ mahluk serupa diakui penduduk lokal dan orang Eropa setidaknya sejak satu abad lalu.

Orang Belanda pernah berusaha menjebak mereka untuk membuktikan keberadaan mereka secara ilmiah sekitar 1920. Namun upaya itu tidak berhasil. Mereka hanya menembak beberapa hewan, antara lain beruang madu.

Berikutnya, titik terang muncul lewat temuan mayat diduga Orang Pendek yang dikirim ke museum zoologi nasional di Bogor. Penemuan itu menjadi headline berita  selama 48 jam.

loading...

Feeds