Rossi Cetak Sejarah Baru di Seri Perdana MotoGP Qatar 2017, Ini Buktinya

Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Valentino Rossi melakukan selebrasi di atas podium sirkuit Losail Qatar. (zimbio)

Andrea Dovizioso, Maverick Vinales dan Valentino Rossi melakukan selebrasi di atas podium sirkuit Losail Qatar. (zimbio)

POJOKBANDUNG.com- SERI perdana MotoGP 2017, Minggu, (26/3) atau Senin dini hari WIB  menghadirkan pembalap Yamaha Racing Team,  Maverick Vinales sebagai pemenang.

Sejumlah data dan fakta menarik pun mengiringi sesi balapan di Sirkuit Losail, Qatar tersebut.

Berikut data dan fakta seputar balapan MotoGP 2017:

1.Sebelum digelar malam hari, MotoGP Qatar berlangsung pada siang hari selama 4 tahun terhitung mulai dari 2004 sampai 2007. Dengan tempratur udara di trek rata-rata mencapai 45,5 derajat celcius.

2.Balapan malam hari pertama kali berlangsung pada 9 Maret 2008 lalu. Pengelola sirkuit praktis meningkatkan kapasitas listrik, lebih dari 40 generator digunakan untuk menerangi lintasan. Puluhan generator mampu membangkitkan listrik di 3.000 rumah, 70 lapangan sepak bola dan penerangan jalan dari Doha ke Moskow, Rusia.

3.77,5 persen penduduk Qatar beragama Islam. Pengelola sirkuit melarang alkohol /sampanye untuk merayakan gelar juara.

4.Yamaha menjadi  tim Pabrikan tersukses di kelas MotoGP selama tampil di sirkuit Losail dengan tujuh kemenangan, termasuk empat kali dalam lima tahun terakhir.

5.Honda sudah mencatatkan tiga kemenangan MotoGP di Qatar. Terakhir, tahun 2014 di mana Marc Marquez (Tim Repsol Honda) tampil sebagai juara.

6.Ducati pernah memetik kemenangan di Losail selama tiga tahun beruntun dari 2007 sampai 2009 melalui Casey Stoner.

7.Rider Ducati, Jorge Lorenzo menjadi rider dengan jumlah kemenangan terbanyak di Losail . Total , Lorenzo sudah mengemas enam kemenangan (3 x MotoGP, 2 x 250cc, 1 x 125cc).

8.Merebut podium tiga di sirkuit Losail, Qatar, Valentino Rossi yang berusia 38 tahun dan 38 hari mencatatkan rekor baru  dalam sejarah MotoGP. Rossi menjadi pebalap tertua yang mampu meraih podium di kelas primer Grand Prix sejak Jack Findlay memenangi GP Austria 1977 di usia 42.

(ca/ind/pojokbandung)

loading...

Feeds

Raphael Maitimo melakukan selebrasi gol. (Riana Setiawan)

Persib Bandung Terus Dihantui Masalah

POJOKBANDUNG.com, PERSIB- Persib Bandung terus dihantui masalah. Selain gagal mendulang kemenangan pada dua pertandingan awalnya di pentas Liga 1 2017, …
gempa tasik2

Gempa Tasik, Warga Berhamburan Keluar Rumah

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Gempa bumi berkekuatan 5,4 skala Richter terjadi di Tasikmalaya, Senin (24/4/2017) pukul 01.01 WIB. Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi, …
Hujan badai di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

Hujan Badai Kembali Terjang Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- Prediksi BMKG seputar belum akan meredanya fenomena hujan disertai angin kencang dan butiran es di Kota Bandung terbukti. …
Selebrasi gol Cristiano Ronaldo bersama Sergio Ramos dan pelatih Madrid Zinedine Zidane. Foto AFP

El Clasico… Madrid Cari Aman?

POJOKBANDUNG.com, MADRID – La Liga memang masih menyisakan enam jornada lagi. Laga pemungkas baru berlangsung 21 Mei mendatang. Akan tetapi, …