Kartini Kendeng Wafat Selagi Kakinya Dicor Menolak Pabrik Semen

Aksi cor kaki petani Kendeng, Jawa Tengah sebagia bentuk penolakan terhadap pembanguan pabrik Semen Indonesia. (Ismail Pohan/Indopos/JawaPos.com)

Aksi cor kaki petani Kendeng, Jawa Tengah sebagia bentuk penolakan terhadap pembanguan pabrik Semen Indonesia. (Ismail Pohan/Indopos/JawaPos.com)

POJOKBANDUNG.com – Malang menimpa Patmi, 48, yang meninggal dunia di sela-sela aksi Dipasung Semen 2 sebagai penolakan terhadap pembangunan pabrik PT Semen Indonesia di pegunungan Kendeng, Rembang, Jawa Tengah.

Patmi berpulang Selasa (21/3/2017), pukul 02.55 WIB dalam perjalanan dari Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta menuju Rumah Sakit St. Carolus Salemba.

Dia merupakan salah seorang Kartini Kendeng yang merelakan kakinya dipasung semen agar bisa menyampaikan aspirasi langsung kepada Presiden Joko Widodo.

Kepala Kantor Staf Kepresidenan (KSP) Teten Masduki saat ditemui di kompleks Istana Negara, mengaku sudah menerima informasi wafatnya Patmi.

Teten menyebutkan, Staf KSP sudah membantu mengurus kepulangan jenazah Patmi ke Jateng.

“Tim saya sudah bantu mengurus. Tadi Bapak Presiden sudah meminta mengurus kepulangannya. Kami berduka cita. (Meninggal karena) Jantung. Jadi memang kemungkinan faktor capek,” ujar Teten.

Dengan nada prihatin, mantan pendiri Indonesia Corruption Watch (ICW) tersebut mengimbau kepada warga Kendeng yang melakukan aksi di Jakarta, jangan sampai membahayakan diri.

“Kami imbaulah, kalau mau menyampaikan pendapat, aspirasi, jangan aksinya mengambil reiso pada keselamatan, kesehatan,” ujar Teten.

Kemarin, Teten juga telah menemui perwakilan warga Kendeng yang melakukan aksi. Namun, warga yang datang dari Jateng belum puas karena belum bisa bertemu Presiden Jokowi.

Tuntutan mereka tegas, mencabut izin yang dikeluarkan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo terhadap pendirian pabrik semen.

(imn/fat/jpnn/pojokbandung)

loading...

Feeds

Ridwan Kamil (Foto: Riana Setiawan)

Maju Pilgub, Ridwan Kamil Umrah Dulu

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG– Pulang Umroh, Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berharap punya ketetapan hati untuk maju ke Pilgub 2018. “Kalau dianggap …