Isu Penculikan Bikin Resah, Tukang Kasur Keliling Dikira Penculik

Ilustrasi.

Ilustrasi.

POJOKBANDUNG.com – Rumor tentang penculikan anak bikin masyarakat resah dan serba curiga. Orang tua makin cemas ketika harus meninggalkan anaknya di rumah.

Bahkan, Kota Singkawang, Kalimantan, terjadi kesalahpahaman di Kecamatan Sengah Temila. Di sana, pedagang kasur keliling menggunakan mobil diduga menjadi pelaku penculikan.

Pj Bupati Landak Jakius Sinyor meminta masyarakat tak main hakim sendiri saat melihat orang mencurigakan.

“Kita menanggapi suatu masalah itu jangan terlalu cepat, harus dipastikan dulu kebenarannya,” ujar Jakius, Senin (20/3/2017).

Menurutnya, kecurigaan masyarakat merupakan hal yang wajar.

“Kami minta masyarakat jangan mudah terpancing. Kalau memang ada yang mencurigakan seperti itu, lapor kepada RT atau kepala desa atau polisi,” pinta Kepala Dinas PU Kalbar ini.

Kepada pedagang, ia mengingatkan, tidak ada larangan bagi siapa saja untuk berjualan.
Namun, pedagang juga harus mengetahui kondisi wilayah yang dikunjungi.

“Artinya kalau kondisi lagi tidak baik, harus waspada dan jangan main selonong saja,” imbuhnya.

Isu hoax tentang penculikan anak juga berdampak terhadap para pedagang keliling di Kabupaten Melawi. Mereka selalu dicurigai. Kedatangan mereka juga sering dipertanyakan.

Bahkan, mereka sering mendapat perlakuan kurang bersahabat.Hal tersebut sangat berdampak kepada penghasilan para pedagang.

“Memang tidak semua kampung yang kami datangi terpengaruh oleh isu penculikan anak. Namun tidak jarang setiap kami datang, para warga tampak waspada,” ungkap Is, salah satu pedagang.

“Bahkan kami ditanya identitas oleh warga. Dampaknya susah untuk menjajakan dagangan kami. Karena warga enggan untuk membuka pintu rumahnya saat kami hendak menawarkan barang yang kami jual,” imbuh Is.

(imn/jpnn/pojokbandung)

loading...

Feeds

Telkomsel_RAFI2017-1

Lebaran, Trafik Data Telkomsel Melonjak

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Tahun ini Telkomsel kembali mencatat kenaikan layanan data di momen lebaran. Telkomsel mengalami lonjakan penggunaan layanan data …