Hai Gadis, Ini Cara Alami Mengusir Jerawat

ilustrasi

ilustrasi

POJOKBANDUNG.com — Kamu pasti sering mengalami gangguan jerawat. Dan berusaha mencari cara untuk menghilangkannya di wajah kamu.

Jerawat timbul karena perubahan hormon yang menghasilkan minyak atau sebum yang menyumbat pori-pori. Meski jerawat timbul akibat perubahan hormon namun jerawat dapat dicegah. Berikut cara alami mengusir jerawat:

Minum air putih

Kekurangan air putih dapat menyebabkan kulit dehidrasi, ciri-ciri kulit dehidrasi adalah kulit menjadi kering, berminyak, dan timbul jerawat. Meskipun simple, cara ini ternyata ampuh mengurangi jerawat loh!

Tekstur air yang mengandung mineral mampu menjaga kelembapan kulit sehingga kulit terjaga kealasitasannya, minum air putih sebanyak 8 gelas per-hari dapat mencegah bakteri yang ada pada kulit keluar bersama keringat .

Gunakan masker herbal

Masker herbal/alami dapat menggunakan bahan-bahan herbal seperti madu. Madu memiliki senyawa anti-bakteri/anti-mikroba dan anti-oksidan yang baik bagi kulit, madu dipercaya dapat mengobati luka, melembabkan kulit, dan menjaga elasitas kulit.

Selain itu madu dapat dicampur dengan Jeruk nipis. Jeruk nipis dipercaya mampu mengusir jerawat dan mengurangi bekas jerawat, senyawa anti mikrobanya juga baik untuk menghilangkan jerawat. Caranya campurkan madu dan perasan jeruk nipis kemudian oleskan pada seluruh wajah, diamkan selama 15 menit kemudian bilas, gunakan masker herbal ini seminggu sekali.
Kurangi penggunaan makeup

Penggunaan makeup berlebih ternyata dapat menyumbat pori-pori loh! Apalagi jika makeup digunakan rutin setiap hari, hal ini akan membuat pori-pori tersumbat sehingga menimbulkan jerawat, ada baiknya jika makeup tidak digunakan setiap hari. Jika mendesak harus menggunakan makeup, cukup gunakan pelembab, tabir surya dan bedak tabur. Gunakan makeup tipis saja.

Olahraga

Olahraga dapat membuat peredarah darah menjadi lancar. Keringat yang keluar dari tubuh dapat mengeluarkan bakteri dan racun di dalam tubuh. Sehingga wajah menjadi fresh. Olah raga dapat menyeimbangkan hormon eksretoris dan stress dalam tubuh yang menyebabkan jerawat berangsur hilang.

Tidur yang cukup

Sebuah studi di Korea orang yang tidur kurang dari 6 jam menyebabkan resiko menderita diabetes, penyakit jantung, dan stroke. Tidur yang cukup dipercaya akan mengembalikan elasitas kulit. Tidur yang cukup dapat memperbaki metabolisme. Tidur yang cukup dapat memperlancar aliran darah dan regenerasi kulit sehingga kulit menjadi cerah. Pastikan waktu tidur anda cukup selama 8 jam agar wajah anda kembali segar.

Bersihkan wajah

Hal terkahir yang perlu diperhatikan adalah menjaga kebersihan kulit wajah. Hal ini sangat penting karena kotoran yang menempel pada wajah dapat menyumbat pori-pori sehingga timbul jerawat. Pastikan wajah dibersihkan sebanyak 2x sehari. Pagi dan malam.

(imn/mia/pojoksatu/pojokbandung)

loading...

Feeds

Kemacetan terjadi di beberapa ruas jalan di Kota Bandung di libur Hari Nyepi, Selasa (28/3), salah satunya di Jalan IR.H Djuanda (Dago). Foto: Riana Setiawan

Libur Nyepi, Bandung Dibanjiri Wisatawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-  Libur Hari Raya Nyepi, dimanfaatkan masyarakat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga sepanjang hari ini, Selasa (28/3). Banyak masyarakat lokal yang …